Senin, 13 Juli 2009

Buaya Mirip Armadilo Pernah Menjelajahi Brasil

1520531pFosil yang baru ditemukan di Brasil berasal dari jenis hewan sejenis buaya, tetapi memiliki ciri mirip armadilo. Hewan ini diperkirakan pernah menjadi predator di sekitar daerah Sao Paulo saat ini, sekitar 90 juta tahun yang lalu.

"Dengan panjang sekitar 2 meter dan berat sekitar 120 kg, hewan yang diberi nama Armadillosuchus ini memiliki penampilan yang unik di daerah tersebut," kata para peneliti dari Universitas Rio de Janeiro. Hewan tersebut memperlihatkan beberapa karakteristik dari armadilo, dengan tulang yang menonjol di daerah leher dan punggung belakang.


Para peneliti menyatakan, hewan ini memiliki tempurung, tulang yang lebar, hidung yang pendek, tipis, dan relatif kecil, khususnya pada bagian gigi yang berbeda dengan buaya-buaya lain yang pernah ditemukan.

"Armadillosuchus hanya ditemukan di daerah pedalaman Sao Paulo dan hal ini mengejutkan karena menantang pendapat yang ada bahwa buaya ditemukan di daerah panas dan iklim lembab," ujar Ismar de Souza, paleontologi dari Universitas Rio de Janeiro.

Sementara itu, buaya unik tersebut tinggal di daerah yang saat itu diperkirakan beriklim panas, tetapi kering dan gersang. Buaya tersebut hidup di periode Cretaceous ketika temperatur mencapai 45 derajat celsius.

Saat memamerkan fosil tersebut di konferensi pers di Rio, baru-baru ini, para peneliti memperlihatkan bagian kepala, tulang rusuk, dan kaki. Fosil ini ditemukan pertama kali pada tahun 2005.

Terkait

Description: Buaya Mirip Armadilo Pernah Menjelajahi Brasil Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Buaya Mirip Armadilo Pernah Menjelajahi Brasil
Al
Mbah Qopet Updated at: 07.28

2 komentar:

  1. saat ditemukan fosilnya langsung utuh atau saling berpencar mas...?
    pasti gedebanget tuh....

    BalasHapus
  2. iya eman gede banget tuhhh

    BalasHapus