Rabu, 15 Juli 2009

Siap-siap, Rasakan Peluncuran Apollo 11 Lewat Internet

1223137pJAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Neil Alden Armstrong dan Buzz Aldrin pertama kali menginjakkan kaki di bulan, mungkin beberapa dari pembaca sekalian belum hadir di dunia. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa merasakan fenomena yang terjadi semasa perang dingin tersebut.

Teknologi internet yang ada sekarang memungkinkan anda untuik merasakan apa yang terjadi pada tanggal 16 Juli 1969 tersebut. Untuk memperingati 40 tahun peluncuran Apollo 11 dan peristiwa manusia pertama di bulan pada hari Kamis ini (16/7), situs wechoosethemoon.org diluncurkan sebagai rekonstruksi peristiwa tersebut.


Situs ini diprakarsai oleh John F. Kennedy Presidential Library and Museum yang ingin agar visi John F Kennedy mengenai perjalanan ke bulan (untuk mengalahkan Rusia pada saat itu) dapat dirasakan oleh generasi muda sekarang.

"Misi kita adalah untuk berbagi sejarah dengan generasi baru," ujar Tom McNaught, juru bicara John F. Kennedy Presidential Library and Museum yang ikut terlibat dalam proyek rekonstruksi ini seperti dilansir AFP.

McNaught juga menambahkan bahwa pada saat itu, mengalahkan rusia untuk mendarat di bulan adalah prioritas utama Amerika. "Satu-satunya cara untuk mengalahkan rusia dalam lomba luar angkasa adalah dengan mendarat di bulan sebelum mereka sempat," jelas McNaught menambahkan.

Dalam situs ini, pengguna internet bisa merasakan detik-detik peluncuran Apollo 11 yang akan berlangsung pada hari Kamis (16/7) ini, tepat 40 tahun peluncuran Apollo 11. Perjalanan dari bumi hingga ke bulan akan direkonstruksi secara interaktif mulai dari keberangkatan Apollo 11 hingga bagaimana Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di bulan.

Hal tersebut akan didukung dengan rekaman komunikasi asli antara Apollo 11 dengan NASA, foto, dan video kejadian-kejadian penting dari misi luar angkasa yang berlangsung selama empat hari tersebut. Suara astronot yang disiarkan lewat radio juga akan diperdengarkan.

"Masyarakat akan dapat mendengar, melihat, dan mengamati lebih dari apa yang mereka bisa lihat pada tahun 1969 di mana pada saat itu tidak ada media yang menampilkan kejadian dari menit ke menit selama empat hari," ungkap McNaught. Bagi McNaught, situs tersebut dibuat seinteraktif mungkin agar pencapaian di tahun 1969 tersebut bisa dinikmati generasi muda sekarang.

Situs www.wechoosethemoon.org akan aktif paling tidak untuk setahun di mana pengunjung situs bisa memutar ulang bagian-bagian dari misi yang mereka inginkan. Hitungan mundur perjalanan manusia ke bulan sudah dimulai dari sekarang. Siap-siap...

Terkait

Description: Siap-siap, Rasakan Peluncuran Apollo 11 Lewat Internet Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Siap-siap, Rasakan Peluncuran Apollo 11 Lewat Internet
Al
Mbah Qopet Updated at: 22.43

0 komentar:

Poskan Komentar