Minggu, 12 Juli 2009

Waduh, 1000 Varian Koobface Siap Gempur Facebook

foto berita artikel

Kaspersky Lab, perusahan developer solusi proteksi ancaman Internet dari virus komputer, spyware, dan semua bentuk malware, telah menemukan ledakan modifikasi Koobface yang hadir di bulan Juni lalu. Bahkan, dalam 1 bulan, jumlah varian worm Koobface melompat tajam dari 324 di akhir Mei 2009 hingga hampir 1000 di akhir Juni 2009 lalu.

Koobface, worm yang awalnya kurang terkenal ini pertama kali dideteksi Kaspersky Lab sebagai Net-Worm.Win32.Koobface, dan kemudian menjadi sangat populer ketika satu tahun lalu Koobface menyerang account Facebook dan MySpace. Worm Koobface ini menyebar melalui account user yang sah ke profil teman mereka. Komentar dan pesan yang dikirim oleh worm juga mengandung link ke website style YouTube yang palsu, yang kemudian mengundang user untuk men-download sebuah versi baru dari Adobe Flash Player.

Worm Koobface tersebut dapat berbentuk media player, yang kemudian di-download oleh user akan menginfeksi mesin komputer user. Sekali user terinfeksi, maka acount user yang sebelumnya sah, namun terinfeksi Koobface akan mulai mengirim pesan ke teman user. Dengan kata lain, worm Koobface telah menyebarkan dirinya. Kini, worm Koobface ini membuat target baru di website jejaring social lebih banyak lagi seperti Facebook, MySpace, Hi5, Bebo, Tagged, Netlog dan yang paling baru, Twitter.

“Ini adalah tanda dari meningkatnya aktivitas cybercriminal termasuk jaringan social yang digunakan oleh penyusup untuk menginfeksi user. Juni 2009 menjadi bulan jejaring social terkena banyak malware.” ungkap Stefan Tanase, peneliti malware di Kaspersky Lab. Untuk itu, Kaspersky memberikan saran untuk user atas meningkatnya worm Koobface ini :


  • Berhati-hati ketika membuka link dari pesan yang baru datang, walaupun pengirim berasal dari teman Facebook yang dipercaya

  • Menggunakan Internet Explorer 7 dalam modus proteksi, atau browser Firefox dengan instalasi add-on NoScript

  • Jangan membocorkan informasi personal atau detail pribadi

  • Tetap meng-update software antivirus untuk mencegah masuknya malware versi baru ke komputer

Terkait

Description: Waduh, 1000 Varian Koobface Siap Gempur Facebook Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Waduh, 1000 Varian Koobface Siap Gempur Facebook
Al
Mbah Qopet Updated at: 18.56

0 komentar:

Poskan Komentar