Minggu, 04 Oktober 2009

AVG Temukan Sejumlah Account Facebook Berbahaya

foto berita artikel

Pada Kamis (01/10) lalu, vendor antivirus ternama, AVG Technologies, telah menemukan sejumlah profil dalam Facebook yang terindentifikasi melalui layanan LinkScanner. Sejumlah profil tersebut sebenarnya sama, hanya memiliki nama yang berbeda dan setiap link di dalamnya merepresentasikan sebagai home video, namun di dalamnya tersimpan peringatan antivirus palsu ketika link tersebut diklik.

Scam tersebut didesain untuk menipu user yang harus membayar software antivirus palsu tersebut padahal mereka tidak membutuhkannya. Serangan tersebut digunakan untuk mendapatkan informasi kartu kredit dari korban untuk kejahatan dan seringkali kemudian meng-instal spyware di komputer korban.

“Lebih jelasnya, scammer telah menemukan cara untuk membuat account Facebook secara otomatis, dimana artinya mereka menemukan cara untuk melewati Facebook Captcha dengan mudah. Dengan men-translate Captcha, maka image huruf yang susah terbaca akan mudah dibaca dan setiap orang dapat masuk untuk membuat account baru.” ulas Roger Thompson, kepala peneltii AVG.

Link palsu tersebut kini telah di-blacklist oleh kebanyakan browser web. Menurut juru bicara Facebook, Simon Axten, pihaknya juga telah memblokir URL dari fitur share situs, sementara Facebook masih mengidentifikasi semua account palsu dan kemudian men-disable account tersebut. Sementara itu, Axten tidak setuju dengan spekulasi AVG soal system Captcha di Facebook yang diduga sudah bobol.

“Serangan ini dilakukan ketika proses sign up secara manual, dan kemungkinan serangan Captcha dilakukan oleh oknum yang dibayar, Bahkan, ReCaptcha yang digunakan Facebook juga sama seperti yang dipakai Google.” tandas Axten.

Terkait

Description: AVG Temukan Sejumlah Account Facebook Berbahaya Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: AVG Temukan Sejumlah Account Facebook Berbahaya
Al
Mbah Qopet Updated at: 03.08

1 komentar:

  1. waduh, semakin hati2 nich dengan facebook, biasanya sich emang gini, kalo ada trend terbaru, pasti banyak juga orang yang memanfaatkan trend itu tapi dari segi negatifnya :(

    btw saya dah lama gak berkunjung kesini, saya mau langganan via email di blog ini, mudah2an sob juga mau berlangganan via email di blog saya :D

    BalasHapus