Kamis, 09 Juli 2009

Gawat, Program Video Berbahaya Serang Mac OS X

foto berita artikel

Sebuah malware baru yang menyerang system Mac OS X telah ditemukan. Serangan malware tersebut diketahui bernama “Puper”, Trojan yang menyembunyikan dirinya dan menyamar sebagai program video untuk system OS X dengan nama "MacCinema". Menurut pengamatan McAfee Avert Labs, serangan Puper tampil sebagai image disk yang kemudian me-launching aplikasi installer fiksi bernama software MacCinema. Sekali installer dijalankan dan menyelesaikan tugasnya, maka user akan terinfeksi dengan tanda adanya script file “Adobe Flash”.

Script ‘jahat’ tersebut kemudian akan menjalankan dirinya sendiri setiap 5 jam, kemudian mendorong user untuk men-download dan menjalankan malware lainnya di system yang terinfeksi. Serangan terbaru Puper ini hampir sama dengan yang pernah terjadi di system Mac OS X beberapa bulan lalu. Serangan tersebut juga mendorong user untuk men-download dan meng-instal malware yang menyamar sebagai posting video atau plugin ‘codec’ yang akan digunakan untuk memutar file film.

Serangan lainnya juga ada yang di-bundle dengan installer yang mengandung trojan, yang biasa ada di software bajakan, salah satunya adalah yang digunakan untuk konstruksi semua botnet Mac. Menurut pihak McAfee Avert Labs, level malware untuk Mac memang kalah dibandingkan di system Windows, namun user masih dapat menjaga keamanannya dengan meng-update system dan tidak men-download file mencurigakan dari sumber yang tidak dapat dipercaya.

Terkait

Description: Gawat, Program Video Berbahaya Serang Mac OS X Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Gawat, Program Video Berbahaya Serang Mac OS X
Al
Mbah Qopet Updated at: 01.02

0 komentar:

Poskan Komentar