Minggu, 25 Oktober 2009

Simak 7 Hal Menarik Soal Windows 7

foto berita artikel

Microsoft sudah merilis Windows 7 final, Kamis (22/10), dan hasilnya diklaim lebih baik dibandingkan system operasi sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 berjalan lebih cepat dan mengkonsumsi system resource yang lebih sedikit.

Tidak perlu khawatir soal driver
Hal pertama yang menarik dari Windows 7 ini adalah setelah meng-instal system operasi Microsoft terbaru ini, user tidak perlu meng-instal driver hardware apapun, karena semuanya telah masuk ke system operasi tersebut. Jika user membutuhkan update driver, user dapat memperolehnya dengan cepat dan tanpa melalui Windows Update. User juga akan melihat device manager yang lebih ‘bersih’, karena tidak ada device dengan driver yang tercantum di dalamnya ataupun mengalami conflict.


Problem Steps Recorder
Fitur ini merupakan fitur penting di Windows 7, yang memudahkan user untuk merekam problem tertentu dengan PC user, sehingga user dapat mengirimnya ke seseorang yang mungkin memiliki peralatan lebih lengkap untuk menyelesaikan masalah tersebut. Semua yang dibutuhkan adalah dengan membuka aplikasi “Problem Steps Recorder” lalu click 'Record', dimana setiap screenshot akan terekam dengan setiap klik mouse. User juga data menambah komentar jika dibutuhkan. Sebuah dokumen dengan format HTML plus screenshot, juga komentar dibuat dan ditempatkan dalam file ZIP di desktop agar dapat dikirim via email ke ahlinya dalam bentuk attachment.

Pin Start Menu atau Windows Taskbar
Ketika user tidak memiliki Quick Launch Bar, yang seperti ada di windows XP, maka user dapat menggunakan “Pin items” dan program ke Start menu seperti di Windows Taskbar dengan klik kanan di Taskbar dan memilih ‘Pin to Start Menu’ atau ‘Pin to Taskbar’. Item atau program akan siap di Start Menu dan desktop akan menjadi lebih ‘bersih‘.

Touch Navigation
Windows 7 memiliki navigasi sentuh yang lebih baik, memiliki taskbar dengan icon besar, yang mudah untuk dinavigasikan dengan jari user. Selain itu, Windows 7 juga support multi-touch gesture, sama seperti di MacBook, yang secara otomatis mendeteksi hardware berfitur touchscreen dan menambah ukuran Start Menu dan icon secara simultan.

Windows Disc Image Burner
Sebuah ISO image tidak hanya merekam file data ke optical disc, namun juga dapat sebagai ISO image dalam versi Windows 7 tersebut. Hanya dengan klik ganda ISO image, yang kemudian menjalankan aplikasi “Windows Disc Image Burner“. User dapat memilih aplikasi tersebut  untuk merekam  data dan kemudian memverifikasi jika data sudah selesai ‘dibakar‘ di CD/DVD dengan mengisi centang di checkbox.

‘Mengintip‘ Jendela Aplikasi Tanpa Membuka
Di Windows Vista, user dapat melakukan preview di windows aplikasi berbentuk minimalis dengan menggerakkan mouse di aplikasi di taskbar. Kini, Windows 7, tidak hanya preview window aplikasi, namun juga dapat memunculkan window atau ‘mengintip‘ windows ukuran full size di foreground (depan) dengan hanya menggerakkan mouse di preview aplikasi tersebut tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Selain itu, masih ada tanda ‘X‘ di sudut kanan atas panel preview aplikasi, sehingga user dapat langsung menutup aplikasi tersebut. Dengan menekan Win + T maka user dapat melakukan scroll preview di Taskbar.

Windows XP Virtual
Microsoft menawarkan XP Mode ke Windows 7, yang dapat di-download di website Microsoft (microsoft.com/windows/virtual-pc/download.aspx), dan bekerja dengan konjungsi bersama Windows Virtual PC, yang juga free download. User dapat mengakses hardware di PC Windows 7 di dalam lingkungan virtual XP Mode, termasuk flashdisk dan optical drive. Untuk bantuan lebih lanjut dapat melihat ke website Microsoft (windows.microsoft.com/en-US/windows7/help), atau jika ingin melihat harga Windows 7 Original ke windows.microsoft.com/en-us/windows/shop.

Terkait

Description: Simak 7 Hal Menarik Soal Windows 7 Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Simak 7 Hal Menarik Soal Windows 7
Al
Mbah Qopet Updated at: 06.18

0 komentar:

Poskan Komentar