Selasa, 12 Mei 2009

Tip membuat blog yang bagus

Sering Saya bertanya pada diri sendriri.Sebenarnya Blog yang Baguz itu seperti apa sih??Sebenarnya apa sih yang di Butuhkan Oleh Pengunjung Blog kita?Terus Bagaimana Caranya Pengunjung tersebut Betah di Blog kita?Pengunjung itu sendiri saya anggap di Bagi menjadi 2 Kelompok:
1) Pengunjug yang hanya sekedar Blogwalking dan Berharap Blognya di Kunjungi Balik.(Biasanya Antar Sesama Blogger)
2) Pengunjung dari Orang yang benar-benar membutuhkan Informasi dan Content dari Blog kita.(Biasanya menemukan Blog kita dari Hasil Searching di Google ataupun di Mesin Pencari Yang Lain)

Berikut merupakan Hasil pemikiran saya yang masih sangat "Pemula" Bagaimana cara membuat Blog yang Bagus dan tampak Profesional :

1) Saya sering Blogwalking dan menemukan Blog yang "Keren" Banget dengan Pernak-pernik atau Accessoris di Dalam Blog tersebut.Acessoris yang saya Maksud :
* Jam : Saya Rasa semua Pengunjung tidak membutuhkan Jam karena di masing-masing Taskbar Windows sebelah kanan Bawah sudah ada Jam.
* Kalender : Sama Seperti Jam Pengunjung juga bisa melihat Kalender-nya yang di rumah bahkan di Taskbar windows juga sudah ada Kalender.
* Menampilkan Status IP Pengunjung :
Blog sobat bukan program spy khan?, jadi lebih baik tidak usah dipasang agar pengunjung tidak merasa dimata-matai selain tidak ada kegunaan lain yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan widget tersebut.
* Memasang Lagu/Music : Saya Rasa Pengunjung yang datang sudah memiliki Winamp di Komputernya masing-masing.Apalagi kalau Lagu yang di Pasang sering tersendat-sendat kasihan sama yang Bandwith Low buka Blog anda.
(Maaf syukur2 Blog anda tidak langsung di "Close")
* Memasang Widget yang tidak ada Hubungannya dengan Blog anda. Misal "Widget Pakaian Adat Nusantara". ternyata Blognya membahas tentang Komputer kan kurang sesuai kalau saya rasa.

Lihat saja Blog Yang sudah Master sebut saja Blog "Kang-Rohman, Fatihsyuhud, O-om" Tampilannya Biasa saja tapi Isi Content Blognya yang "Luar Biasa" apalagi mereka master ini yang memberikan source dan script Accessoris Blog tetapi mengapa mereka ini tidak memasang Accessoris di Blog mereka.(ding..dung??)

2)Perhatikan Tanda Baca, Penggunaan Gambar :
Perhatikan tulisan anda apakah sudah benar tanda bacanya. Kesalahan dalam titik koma saja akan berakibat mempunyai arti yang berbeda.Gambar memang mempercantik halaman anda, gambar yang besar justru jadi bumerang buat loading page anda. yang jelas blog anda pasti akan diabaikan untuk sementara waktu ketika loading page sedang berjalan.

3)Hindari Menggunakan Widget yang tidak di Anjurkan Oleh GOOGLE dan Kurangi pemakaian Script dan JS yang Berlebihan.(Bukan Berarti tidak Boleh Tapi di Minimalisir seefisien Mungkin).

4)Content Blog anda Jangan terlalu sering "COPAS"
Ini akan mendapat respon buruk dari pembaca, karna pembaca akan lebih berpikir lebih baik membaca kesumbernya secara langsung daripada mengunjungi blog anda.

5)Link yang telah mati bakal tidak disukai pembaca, jangan kan pembaca search engine pun tidak menyukai hal ini. Lakukan pengecekan dead link/Miss Link termasuk yang sudah Link Exchange dengan Blog kita.Ada KASUS tanpa sengaja atau ketidaktahuan mengganti URL Blognya.

6)Jika memang Postingan tersebut Harus "COPAS" sebaiknya Cantumkan Link Sumber Originalnya.Anda tidak akan di anggap Rendah atau menurunkan Pamor anda sebagai Blogger Sejati.Justru saya akan Angkat "TOPI" jika anda berani mencantumkan Link Sumber Originalnya.

Ketika saya mempelajari IMK (Interaksi Manusia Komputer) di Kampuz kata dosen saya seperti ini" Hanya Butuh Waktu kurang dari 1 Menit untuk orang tidak meng-Close Situs Anda.Buatlah Situs Web atau Blog yang "User Friendly".Tambahkan Fasilitas : "Back To Top, Back To Down, ReadMore, Searching (Pencarian), Scroll Komentar, Blogroll, GoogleTranslate , dll yang mendukung dan memudahkan Pengunjung untuk mengakses dan membaca Blog Kita.

Note :
Tidak pernah ada niat sedikitpun untuk menyinggung Blog tertentu cuma hanya sekedar Meluangkan Pemikiran sederhana dari saya.Keputusan tetap ada di Tangan Sobat untuk mengolah Blognya.Mohon maaf sebelumnya Jika ada kesalahan Kata karena manusia tidak bisa lepas dari yang namanya kesalahan.Komentarin y Sobat tentang Blog sobat di sini sekalian Untuk Sharing bagaimana Membuat Blog yang Bagus!!

Terkait

Description: Tip membuat blog yang bagus Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Tip membuat blog yang bagus
Al
Mbah Qopet Updated at: 19.37

0 komentar:

Poskan Komentar