Selasa, 12 Mei 2009

Google adsense

Ok, hari ini saya banyak dapat email yang menanyakan bagaimana bisa dapet duit dari intenet. Kebetulan hari ini muncul di surat pembaca kompas jadinya banyak juga yang nanya-nanya.

Kita mulai dari awal dulu. Memang banyak cara di internet untuk dapat duit tambahan, salah satunya adalah dengan ikut program Google Adsense, yaitu program periklanan yang diselenggarakan oleh Google bagi anda yang sudah memiliki website, untuk memperoleh income dari website/blog Anda.


Gimana cara ikutan? caranya gampang, bikin website/blog/forum, sebaiknya pake bahasa inggris, kemudian mendaftarkan diri lewat website Google Adsense. Tunggu beberapa hari, kalo di aprove/di setujui oleh pihak google, maka Anda akan mendapatkan password untuk login ke account adsense anda.

Bagaimana cara kerja Google Adsense? Setelah terdaftar, anda bisa login dan mengambil kode html untuk di copy ke halaman website dimana iklan akan tampil pada website Anda, Anda akan menndapat $ setiap kali pengunjung meng-klik pada iklan yg tampil pada website Anda. Setelah terkumpul minimal $100 baru Google akan mengirimkan $ Anda dalam bentuk cek ke alamat yng Anda isi sewaktu mendaftar. Kalau belum sampe $100 maka akan di akumulasikan dengan pendapatan anda pada bulan berikutnya.
Iklan yang muncul di website tidak bisa kita pilih, jadi sudah otomatis, isitilahnya contextual ads, artinya iklan yg muncul akan selalu sesuai dengan isi halaman web Anda. Misalnya anda bikin web tentang furniture, maka otomatis iklan yg muncul adalah iklan yg berhubungan dengan furniture juga. jadi yg perlu anda tentukan adalah web yg akan Anda bikin berhubungan dengan apa dan isinya apa.

Saya pengen ikutan, mulai dari mana dulu? Tentu saja harus punya website/blog dulu, yg belum pengen punya domain dan hosting sendiri bisa juga bikin blog gratisan di blogger.com, nantinya Anda akan mendapatkaan sub domain dari blogger, misalnya namanda.blogspot.com . bahkan kalo udah punya account di blogger, Anda bisa langsung daftar Adsense dari account blogger Anda.

Syarat lain? Nggak ada, yang penting punya web/blog, rajin di update, cari pengunjung sebanyak-banyaknya, karena semakin banyak pengunjung, kemungkinan iklan untuk di klik juga lebih besar, dan pendapataan Aanda juga bisa makan besar.

Jadi boleh dong di klik sendiri biar dapet duitnya banyak? sebenarnya boleh ajah, tapi saran saya, jangan, karena google lebih pintar urusan kek gitu. dan banyak orang-orang dikeluarkan dari program adsense karena nge-klik iklan di websitenya sendiri dan kehilangan ratusan/ribuan dolar yg udah di dapet. Mending maen fair ajah.

Nyari info tentang adsense lagi dimana? coba ke forum Adsense Indonesia, mereka baik kok, mereka pasti njawab kalo ada yg nanya tentang adsense, yg baru belajar, silahkan daftar di forumnya. Membernya juga master-master adsense loh, katanya ada yang sampe $4000/bulan. Kalo saya pribadi juga masih termasuk baru, saya mulai ikutan adsense pertengahan tahun 2005. sampai saat ini lumayan, 2 bulan terakhir bisa sampai $500 sebulan, untuk bulan ini optimis bisa sampai $700 lebih, karena sementara sampai hari ini saya cek account saya sudah $400 lebih. target akhir tahun ini harus bisa dapet $1000/bulan. Mudah-mudahan tercapai.

Selamat mencoba! yang mo tanya silahkan tulis komentar dan pertanyaan. Yang tinggal di Jogja dan tertarik belajar bikin web/blog dan adsense, pada tanggal 21 Mei akan di selenggarakan workshop “Belajar Membuat blog dengan Wordpress” + Adsense oleh SMILE Group, kebetulan saya juga yang ngisi. Informasi Selengkapnya di SMILE GrouP

Terkait

Description: Google adsense Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Google adsense
Al
Mbah Qopet Updated at: 02.19

0 komentar:

Poskan Komentar