Kamis, 04 Juni 2009

Hacking privasi pada facebook


Privasi, salah satu hal yang sering kita abaikan di dunia maya. Padahal informasi mengenai diri kita merupakan hal vital yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang berniat jahat. Sekecil apapun informasi itu, dapat mengantarkan “si jahat” pada informasi yang lebih besar dan jauh lebih penting bagi kehidupan si pemilik profil facebook, termasuk kamu. Inilah salah satu cara ringan mendapatkan informasi ringan yang dapat mengantarkan “si jahat” pada privasi kamu di liar dunia maya yang terdalam sekalipun.


Menggunakan search engine seperti www.google.com, atau search engine lainnya, pelaku hacking hanya perlu memasukkan kata kunci berikut ;


site:facebook.com/people surname name -”allinurl:name” “Here are some of” “friends:”


Dengan mengganti “firstname” dan “name” dengan nama si pemilik profil yang akan disedot informasi & privasi nya.



Contoh, kita ambil nama Homer Simpsons dg kata kunci berikut :


site:facebook.com/people homer simpsons ”allinurl:simpson” “Here are some of” “friends:”


Hasilnya adalah ;


facebook_see_friends_with_google_2.jpg


Ini hanya contoh paling simpel informasi yang termuat dari siapapun dalam facebook, meskipun setting privasi mereka sudah dalam keadaan default (recommended settings).


Lalu bagaimana mengatasi masalah privasi ini ???


Sebelumnya, longgarnya keamanan privasi anda juga tergantung pada setting privasi teman-teman yang terhubung dengan anda. Jadi, anda dan teman anda sendiri akan terbatasi oleh setting privasi saat berhubungan satu sama lain.


Berikut ini bagaimana mengatasi masalah kelonggaran keamanan privasi ini :





  1. Jangan menggunakan facebook, jika anda sangat sangat menjaga privasi anda.


  2. Adanya tindakan dari facebook sendiri untuk mem-blokade akses search engine seperti google, alexa, yahoo, dsb dalam mengumpulkan data ke dalam jutaan profile pengguna facebook.


  3. Jangan berteman / memiliki hubungan dengan pengguna facebook yang setting privacy nya lemah. Lihat dulu, apakah sebelum anda add/approve, profile nya bisa di lihat dengan jelas ? Jika iya, maka settingan dia lemah. Beritahu dia jika anda tetap ingin memiliki hubungan dengannya.


  4. Jangan pilih / centang pilihan berikut pada setting facebook ; settings -> privacy -> search the box “Public Search Listing”. set pilihan tersebut OFF, atau tidak tercentang.


Tips ini saya dapat dari sini. Semata-mata untuk mengingatkan teman-teman semua, bahwa social networking dapat menjadi fasilitas yang sangat berbahaya bagi diri kita.


Untuk keamanan kita bersama, jika kamu tahu trik tentang hacking keamanan facebook yang lain, silahkan share di sini ;)

Terkait

Description: Hacking privasi pada facebook Rating: 4.5 Reviewer: Anonim ItemReviewed: Hacking privasi pada facebook
Al
Mbah Qopet Updated at: 03.28

2 komentar:

  1. gw bener dah pusing Bos...cari soet yang bisa jebol fb..apalagi kemampuan tentang komputer saya masih minim banget...

    ada ga' program yang bisa melihat kartu lawan saat bermain poker di facebook..law ada bagi2 ya bozz

    makasih
    tolong bls

    BalasHapus
  2. Thanks bro..!! Saya suka blog km..!

    BalasHapus