Rabu, 08 Juli 2009

10 Tips Optimasi Windows Vista


10-tips-cepat-optimalkan-windows-vista-1Tips ini akan sangat cocok untuk para pengguna Vista pemula, terlebih lagi jika anda kaget dengan performa komputer anda yang tidak cukup cepat saat mengoperasikan Windows Vista. Tips ini mungkin bisa sedikit menolong agar sistem memory komputer anda lebih teralokasi dengan baik agar aktifitas berkomputer anda tidak terhambat lagi. Semoga beberapa tips mudah ini dapat membantu anda yang baru pertama kali menggunakan Sistem Operasi Windows Vista.


1. Langkah pertama adalah menyeleksi aplikasi-aplikasi yang ada di Startup items. Windows Vista akan secara otomatis menambahkan sejumlah aplikasi pada startup secara default saat anda menginstal-nya pertama kali, terlebih lagi bagi pengguna Vista di laptop. Startup items yang terlalu banyak dapat menimbulkan performa sistem melambat saat anda menyalakan komputer. Saat saya mencoba membuang semua aplikasi pada startup item dan hanya mengijinkan aplikasi TaskScheduler dan Windows Defender, kecepatan startup komputer saya bertambah secara signifikan.
Untuk menghilangkan aplikasi yang tidak dibutuhkan pada startup item cukup mudah. Pilih Start menu dengan sekali klik pada Vista orb di taskbar, kemudian ketik “msconfig” pada Search box. Sesaat kemudian jendela System Configuration utility akan segera terbuka. Klik pada tab “Startup”, dan akan muncul sederet startup item. Untuk membuang aplikasi yang tidak anda inginkan anda tinggal menghilangkan tanda centang-nya saja. Setelah itu klik “OK” kemudian klik “Apply”. Dan restart komputer anda untuk melihat perubahan yang terjadi.

2. Sangat penting untuk menjaga kondisi dan tampilan desktop anda terus terorganisir. Mempunyai sangat banyak icon pada desktop, juga akan menurunkan performa sistem saat startup. Cobalah untuk mengelompokkan setiap icon menurut kebutuhan anda kedalam beberapa folder pada desktop, sehingga desktop tidak terlalu dipenuhi dengan icon-icon program koleksi anda.

3. Gunakan aplikasi Disk Cleanup utility untuk menambah extra free space pada sistem. Anda dapat menemukannya pada Accessories>>System Tools menu. Tools ini akan melakukan scan pada komputer dan berusaha menemukan temporary files dan sekumpulan file tidak terpakai lainnya yang akan memberatkan kinerja sistem. Pilih file-file yang tidak anda butuhkan, kemudian klik “Okay” untuk menghapusnya. Anda bisa juga menambah space lagi dengan cara memilih tab “More Options” dan uninstall semua program yang sekiranya sudah tidak anda gunakan lagi.

4. Gunakan tool Disk Defragmenter yang terletak di Accessories>>System Tools menu untuk melakukan defragment pada komputer. Melakukan defragmenter pada komputer secara rutin akan membantu alokasi file pada komputer terus tertata sehingga kinerja sistem dapat terjaga dengan baik.

5. Pakailah fasilitas Windows Update untuk menjaga software-software tetap up-to-date. Windows Vista akan secara otomatis men-set Windows Update tetap “enabled”, namun anda tetap harus memilih secara manual update mana saja yang akan anda install.
Anda harus terus mengecek update terbaru dan menginstal update yang direkomendasikan sistem agar performa dan keamanan komputer tetap stabil.

6. Jika anda tidak menggunakan Windows Sidebar, non-aktifkan saja. Mematikan sidebar dapat menghemat sejumlah memory agar dapat digunakan untuk dialokasikan ke proses lainnya.

7. Bersiaplah terhadap virus jika anda gemar men-download dari internet. Mengaktifkan software anti virus seperti McAffe, AVG, Kaspersky atau sejenisnya dapat membantu mencegah serangan virus atau threats ke komputer. Pastikan anda selalu melakukan scan terlebih dahulu terhadap segala jenis file yang anda download dari untrusted website sebelum anda membukanya.

8. Windows Vista mempunyai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan performa sistem seperti Readyboost, fitur ini akan menggunakan memory pada USB atau flash drive yang terhubung dengan komputer untuk meningkatkan performa sistem pada komputer. Setelah dilakukan test dengan menghubungkan 1GB Sandisk Cruzer, Windows Vista Readyboost mampu membuat komputer bekerja lebih cepat.

9. Set password Windows Vista anda dengan aman. Sehingga tidak akan ada seorangpun yang menggunakan komputer atau laptop tanpa seijin anda. Ini penting karena mungkin saja beberapa orang menggunakan komputer atau laptop anda dengan seenaknya saja, seperti tidak men-scan USB terlebih dahulu sebelum menggunakannya, ataupun mengubah settingan sistem tanpa sepengetahuan anda. Memproteksi sistem dengan password yang aman dapat meminimalisir kemungkinan penurunan performa baik akibat dari virus maupun pemakaian sistem yang tidak benar.

10. Apabila anda adalah pengguna laptop dan anda sering memakai WiFi, sangat dianjurkan untuk mematikan WiFi apabila anda sedang tidak menggunakannya, atau setelah anda memakai WiFi. Selain dapat sedikit meningkatkan kinerja sistem juga dapat menghemat pemakaian baterai, sehingga anda tidak perlu harus terlalu sering men-charge laptop. Beberapa langkah yang juga dapat dilakukan untuk menghemat pemakaian baterai dalah mematikan volume dan menurunkan tingkat nrightness pada layar. Atau bisa juga anda memilih settingan otomatis “Power Saver” yang ada di Control Panel >> Power Options. Fitur ini akan sangat membantu dalam pengalokasian energi pada laptop.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu para pembaca yang baru pertama kali menggunakan sistem operasi Windows Vista.

Terkait

Description: 10 Tips Optimasi Windows Vista Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: 10 Tips Optimasi Windows Vista
Al
Mbah Qopet Updated at: 06.53

0 komentar:

Poskan Komentar