Selasa, 07 Juli 2009

Ritual aneh pemain sepak bola dunia

Takhayul bisa terdapat di bidang apa saja. Mulai dari bisnis, ekonomi, hukum dan juga olahraga. Bahkan tak sedikit yang secara khusus memberi perhatian khusus untuk hal ini.


Ya, sebagian orang di dunia ini percaya jika hasil akhir tak hanya ditentukan oleh usaha dari orang tersebut dan Yang Di Atas, tapi juga oleh kekuatan lain yang tidak bisa dijelaskan secara gamblang.

Di sepakbola juga demikian, dan hal ini lebih pada kepercayaan dan sugesti seseorang tersebut.

Di benua Afrika, hampir sebagai besar pemainnya memiliki cara tersendiri untuk bisa yakin akan mengakhiri, atau setidaknya menjalani pertandingan dengan baik. Tapi ternyata, para pesepakbola internasional yang sudah memiliki nama besar juga percaya dengan takhayul semacam ini.


1. David James
David James 1
Secara blak-blakan, kiper Portsmouth itu mengungkapkan kebiasaan joroknya sebelum bermain. Ritual pertamanya adalah diam seribu bahasa mulai dari H-1 pertandingan hingga peluit panjang dibunyikan.

Selain itu, James juga hanya akan kencing di saat toilet tidak ada satu orang pun. Ritual dilanjutkan dengan meludah di dinding.

2. Johan Cruyff
johancruyff
Legenda sepakbola Belanda itu juga punya kebiasaan yang tak kalah unik, mulai dari menjadikan kiper Gert Bals sebagai sansak hidup saat masih di Ajax, hingga membuang permen karet yang dikunyahnya ke lapangan lawan sebelum kick-off.

Ritual yang terakhir sempat lupa dilakukannya saat Ajax melawan AC Milan di final Piala Eropa 1969. Hasilnya, Ajax babak belur dihajar AC Milan 4-1.

3. Pele
pele
Legenda sepakbola Brasil ini yakin jika ingin terus menunjukkan penampilan terbaik, Pele harus bermain dengan jersey tim yang sama.

Pernah pada suatu ketika dia secara tidak sadar memberikan kaosnya itu ke seorang fans. Sadar telah membuat kesalahan, Pele meminta seseorang untuk mancari kaos tersebut. Penampilan Pele sendiri saat itu tidak karuan. Seminggu kemudian kaos Pele ditemukan dan dia bisa tampil baik lagi.

Rupanya, teman Pele yang memberi kaos tersebut tidak mengatakan jika kaos yang diberikannya itu adalah kaos lain.

4. Bobby Moore
46114
Kapten tim nasional Inggris di eran 60-an hingga 70-an itu memiliki kebiasaan unik mengenakan celana bolanya hanya setelah orang lain di kamar ganti telah selesai mengenakan pakaian mereka.

5. John Terry
terryDM2504_468x672
Kapten Chelsea itu hanya akan kencing di toilet yang sama di Stamford Bridge. Jika ada yang menggunakannya, John Terry akan menunggu siapapun yang menggunakannya hingga selesai. John Terry juga hanya akan parkir di tempat sama.

6. Gary Neville
neville
Bek Manchester United itu punya banyak ritual, mulai dari menggunakan ikat pingang yang sama, sepatu yang sama, arftershave juga selama satu musim penuh. Saat ini, Gary neville berusaha mengurangi ritualnya itu.

7. Gary Lineker
lineker
Tiap pemanasan, Gary Lineker tak akan menendang dan memasukkan bola ke gawang. Menurutnya, ia hanya akan melakukan hal itu di pertandingan. Tapi bila tak ada gol tercipta, Gary akan berganti kostum. Jika tak mampu juga mencetak gol ke gawang lawan, dia akan memotong rambutnya.
8. Prancis di Piala Dunia 1998
france98_3154_full-lnd
Tim Prancis selalu duduk di tempat duduk yang sama di bus tim, mendengarkan lagu Gloria Gaynor ‘I Will Survive’ di ruang ganti dan diakhiri dengan diciumnya kepala botak kiper Fabien Barthez oleh bek Laurent Blanc.

9. Mario Gomez
Der-VfB-Stuttgart-muss-auf-Mario-Gomez-verzichten_b1a10af086
Mario Gomez (Jerman, Vfb Stuttgart) selalu memilih toilet yang posisinya paling kiri. Sementara John Terry (Chelsea) selalu memakai toilet yang sama. Bila toilet itu sedang dipakai, Terry akan menunggu meski toilet lain sedang kosong.
10. Sergio Goycochea


Goyco

Sementara mantan kiper Argentina Sergio Goycochea selalu mengencingi lapangan setiap kali ia akan menghadapi adu penalti.


11. Zimbabwe
Zimbabwe
Oktober 2008, pelatih sebuah klub Zimbabwe, Midlands Portland Cement, meminta 17 pemainnya mandi di sungai Zambezi yang dipenuhi buaya untuk melakukan ritual pembersihan. Celakanya, hanya 16 orang yang keluar dari sungai hidup-hidup.

Di pertandingan berikut, Midlands menderita kekalahan.

12. Edwin Van Der Sar
vandersar_narrowweb__300x399,0
Entah berhubungan atau tidak, tapi performa menurun yang dilalui Manchester United saat ini terjadi kalau sang kiper Edwin van der Sar mengenakan kostum warna biru, alih-alih kuning yang sebelumnya dia gunakan.

Van der Sar berbalut kaos warna biru dalam dua laga Liga Primer terakhir MU. Saat itu mereka digebuk 1-4 oleh Liverpool dan kalah 0-2 dari Fulham.

Dicatat oleh The Sun yang mengutip hasil penelitian kontributor majalah fans MU, Red News, disebutkan bahwa Van der Sar sduah mengenakan warna kuning dalam 17 laga liga musim ini.

Dari jumlah tersebut, MU cuma kebobolan empat kali. Mereka menang 12 kali, kalah sekali dan imbang empat kali, dengan meraup 40 angka dari maksimal 51.

Hasil itu berbanding terbalik manakala Van der Sar mengenakan warna biru. Dalam 10 laga, MU harus kebobolan 13 gol, dengan enam kemenangan, tiga kekalahan dan sekali imbang. Mereka cuma mengais 19 poin dari maksimal 30.

Kuning rupanya juga bak jadi warna doping untuk kiper lain MU, Ben Foster. Dialah pahlawan MU dalam babak adu penalti lawan Tottenham Hotspur di final Piala Carling musim ini.

Tapi ada juga pemain bola yang terkenal religius yang memperlihatkan simbol-simbol keyakinannya ke tengah lapangan. Kaka hanya satu dari sekian banyak pemain bola yang terkenal religius, Siapa lainnya, dan bagaimana mereka menunjukkannya?

13. Kaka
16578kaka
Kaka hanya satu dari sekian banyak pemain bola Brazil yang terkenal religius, yang memperlihatkan simbol-simbol keyakinannya ke tengah lapangan.

Kaka juga pernah menjahitkan kalimat “God is Faithful” di lidah sepatunya. Lalu, dalam selebrasi kemenangan 4-1 Brasil atas Argentina di final Piala Konfederasi 2005, ia dan beberapa rekannya memakai baju bertuliskan “Jesus Loves You” dalam berbagai bahasa.

Terkait pemain Brasil yang taat, ada versi yang mengabarkan bahwa sebagian besar pemain tim Samba membuat slogan-slogan serupa di balik jersey mereka ketika memenangi Piala Dunia 2002. Tapi yang kelak paling terkenal adalah Kaka dengan “I Belong to Jesus“-nya. Ia  memperlihatkan itu setelah Brasil mengalahkan Jerman di final, meskipun sepanjang turnamen itu hanya bermain 25 menit, dan tidak tampil di partai puncak.

14. Franck Ribery
franck-ribery
Frank Ribery adalah salah satu simbol paling terkenal saat ini di kalangan pesepakbola beragama Islam. Pria Prancis yang menjadi muslim sejak menikah dengan wanita keturunan Maroko itu selalu mengangkat kedua tangannya dan berdoa di tengah lapangan, lalu mengusapkannya ke wajah, sebelum kickoff.

15. Frederic Kanoute
5161881
Frederic Kanoute juga kerap menampilkan keislamannya saat bertanding. Seusai bikin gol dia selalu mengacungkan telunjuk kanannya ke atas, juga sedikit mendongak, sebagai sebuah isyarat dirinya selalu ingat kepada Tuhan. Gaya dia yang lain adalah membuka kedua telapak tangannya, membuat gerakan orang Islam saat berdoa.

16. Marvin Andrews
PP_M_Andrews_0708
Marvin Andrews pemain belakang asal Trinidad & Tobago.

Ketika bermain di Glasgow Rangers, Andrews sering menyebut nama Tuhan atas semua petunjuk Dia dalam karirnya, mulai dari sejarah transfer sampai ketika harus menjalani operasi lutut.

Andrews juga pernah berkomentar tentang homoseksual, yang dinilainya “menentang kehendak Tuhan”. Dia mengatakan, “Alkitab menjelaskan bahwa hal itu sangat dibenci Tuhan. Tuhan menciptakan laki-laki untuk bersama perempuan, dan sebaliknya.”

Di luar nama-nama pemain di atas, tentu masih banyak sosok dari dunia lapangan hijau yang secara eksplisit bangga dalam menunjukkan keyakinannya dalam beragama.


sumber: http://jbok.wordpress.com/2009/03/28/antara-ritual-dan-spiritual-dalam-sepakbola/

Terkait

Description: Ritual aneh pemain sepak bola dunia Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Ritual aneh pemain sepak bola dunia
Al
Mbah Qopet Updated at: 22.41

26 komentar:

  1. Parah tuh yang Zimbabwe masuk 17 keluar 16, satunya dijadiin tumbal.

    BalasHapus
  2. wah bos, masa yg keagamaan kayak franck ribery sama kanoute juga dibilang "nyeleneh" sih?

    BalasHapus
  3. PertamaX :) salam kenal ! sumberna koq ga ada ya ?

    BalasHapus
  4. Nice info...
    Btw, sumbernya dari mana nih? Koq gak ditampilin sumbernya?

    BalasHapus
  5. hehehehehe..... . . . .gak nyeleneh sih....

    BalasHapus
  6. makasih komen dan masukannya brooo...

    BalasHapus
  7. makasih brooooo komen dan masukannya ......tar gue update lagi brooo sumbernya

    BalasHapus
  8. ritual itu biar mereka lebih pede.. :D

    BalasHapus
  9. biar nambah pede kli gan,,hehee..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/09/siapa-yang-berani-ngelawan-prajurit-indonesia/

    BalasHapus
  10. mistik banget ya, tapi emang cuma biar mereka pada pede aja

    BalasHapus
  11. Very nice site! cheap cialis http://oieypxa.com/oryrrxr/4.html

    BalasHapus
  12. kaka is footballer from brazil,its goal goal that great and religious player,and its handsome face a lot of woman that likes it.

    BalasHapus
  13. Semuanya itu jd cirikhas mereka sendiri so ga masalah...

    BalasHapus
  14. wah hari gini masih ada ritual salut2x ;P

    regards,
    Kami satu-satunya agent bola yang dipercaya dengan reputasi tinggi.
    Pencarian Anda Berakhir Disini.Join www.arenabetting.com! 100% Terpercaya

    BalasHapus
  15. gila di luar negeri juga ada ritual, pasti ada dukun2x nya bisa nyaingin DUKUN AS NIh di indonesia hehe :)

    BalasHapus
  16. Bagi yg percaya,emang mainnya bagus

    BalasHapus
  17. This is in unison of the pernicious effects of affirmative action. In our PC/affirmative force enlightenment, we tend to see the achievements and promotions of minorities as a consequence of affirmative strength policies instead of individual diligence and talent. This undermines these remarkably achievements.
    Another complication here is that it sets fallible morality at odds with the higher transcendent morality. If the higher decency is contemporary to adjudicator the Carnage, ruinous cancer outbreaks, etc, as effects, while forgiving moralness whim arbitrate them miasmic, then the 'good' in each of these moralities are different. Good on the higher habits is not what we with the help nearby good.

    BalasHapus
  18. hebatan mana ya??? ritual dlm negri dan luarnegri???

    BalasHapus
  19. adajuga tuh yang parah kencing di lapangan

    BalasHapus
  20. But things being what they are I have show up to put faith that the fit domain is an problem, a benign poser that is made regretful aside our own mad as a march hare assault to spell out it as allowing it had an underlying truth.

    BalasHapus
  21. But right away I have rush at to allow that the fit world is an enigma, a innocuous problem that is made regretful aside our own mad as a march hare effort to simplify it as supposing it had an underlying truth.

    BalasHapus
  22. A man begins sneering his discernment teeth the earliest chance he bites off more than he can chew.

    BalasHapus
  23. Kid labor and meagreness are inevitably confined together and if you endure to object the labor of children as the treatment on the collective complaint of poverty, you pleasure demand both destitution and sprog labor to the end of time.

    BalasHapus
  24. Little one labor and poverty are inevitably confined together and if you carry on with to object the labor of children as the treatment after the group complaint of want, you will suffer with both penury and sprog labor to the supersede of time.

    BalasHapus