Sabtu, 25 Juli 2009

Tips Identifikasi Baterai Ponsel Palsu

foto berita artikel

Baterai palsu mungkin telah banyak beredar di pasaran. Bahkan, ada baterai palsu yang dibuat seolah-olah original, yakni dengan distempel dengan merek original. Kemudian tidak jarang bila penjual meyakinkan pembeli untuk membeli baterai palsu yang harganya sama dengan baterai asli. Baterai palsu memiliki kelemahan dimana arus yang tidak stabil dapat membuat baterai lebih sering nge-drop. Berikut ini beberapa tips agar pembeli tidak terkecoh dengan baterai palsu :

Hentikan pemakaian
Baterai non-original dapat memberikan efek performance yang lambat dan merusak device yang digunakan, dan mungkin juga sudah melebihi garansi sehingga sudah tidak valid lagi. Baterai ori menggunakan Seal (Bagian ujung yang berbatasan dengan konektor) berbahan karet. Device ponsel yang bersifat BM (Black Market) biasanya baterainya tidak asli agar terkesan harganya lebih murah.

Cek hologram di baterai
Miringkan gambar hologram di baterai ke kiri, kanan, bawah dan atas, maka akan tertampil satu, dua, tiga dan empat bulatan atau titik (dots). Jika diteliti lagi, di baterai yang palsu, pemasangan hologram ini kadang diletakkan miring atau tidak beraturan. Bisa diteliti juga ejaan teks yang ada dalam stiker dan hologram, karena di baterai palsu terkadang ada yang salah ketik dengan ejaan yang tidak benar.

Cek label logo hologram
Sebagai contoh, untuk ponsel Nokia, user seharusnya melihat tangan yang hampir bersentuhan (connecting hands) symbol Nokia dari satu sudut dan logo Nokia Original Enhancements dari sudut lainnya. Pada baterai palsu, hasil cetakan label tidak terlalu bagus dan agak buram. Jika digosok dengan tangan, maka akan mudah hilang teksnya, karena dipastikan kertas cetakan label dibuat sendiri, bukan berasal dari pabrikan resminya.

Cek stempel di pack baterai
Baterai asli memang kebanyakan dibuat di China. Jadi tidak jarang, para penjual menambahkan stempel made in China atau KW-1 di dalam pack baterainya. User bisa menanyakan kepada si pedagang, apakah stempel tersebut memang disertakan bersama produknya atau dicetak kemudian.

Cek harganya
Biasanya baterai palsu asal China dan Taiwan dijual lebih murah daripada aslinya. Namun, jangan terkecoh dan cek sekali lagi kondisi fisik baterai, karena demi meyakinkan pembeli, terkadang penjual memberikan harga yang tidak jauh berbeda dari harga baterai aslinya.

Terkait

Description: Tips Identifikasi Baterai Ponsel Palsu Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Tips Identifikasi Baterai Ponsel Palsu
Al
Mbah Qopet Updated at: 03.09

0 komentar:

Poskan Komentar