Rabu, 05 Agustus 2009

Canggih:robot bisa berlari

foto berita artikel Seperti yang diketahui, bahwa robot humanoid ASIMO yang dibuat oleh Honda tahun lalu, merupakan robot mengagumkan yang memiliki tingkah laku mirip manusia, seperti berjalan dan berlari. Namun, kini sebuah penelitian lain dilakukan tidak jauh dari pengembangan robot ASIMO.

Setelah Honda, kini giliran Toyota yang membuat penelitian sempurna untuk robot tingkat sangat advanced yang bahkan dapat masuk ke game, melebihi kemampuan robot ASIMO yang pernah dibuat Honda. Prototype robot humanoid yang dibuat Toyota, merupakan salah satu dari robot partner yang pernah dikembangkan oleh vendor otomotif raksasa tersebut, memiliki struktur tubuh dengan tinggi 130cm dan bobot 50kg. Sementara untuk kaki robot tersebut memiliki sudut bebas 7 derajat dan dapat berlari dengan kecepatan rata-rata 7km/jam. Sedangkan untuk ASIMO Honda hanya dapat berlari dengan kecepatan maksimum 6km/jam.


Peneliti dari Toyota sengaja mengembangkan metode kontrol keseimbangan secara real time untuk robot terbarunya itu. Metode tersebut diyakini Toyota dapat membantu memberikan keseimbangan ketika terjadi tekanan eksternal, seperti ketika manusia dalam posisi mendorong, namun untuk robot ini masih dalam kecepatan yang lebih lambat.

Dalam sebuah video (youtube.com/watch?v=sv35ItWLBBk) yang didemonstrasikan Toyota, robot tersebut dapat mengambil langkah setiap 340ms dan tidak berkontak dengan tanah untuk waktu 100ms berikutnya. Walaupun robot humanoid dari Toyota tersebut tampak menarik, tetapi kemampuan berlarinya hanya terbatas di permukaan yang datar dan hanya menangani tekanan eksternal yang masih lambat. Namun, pihak Toyota masih akan mengembangkan dan menyempurnakan robot humanoid tersebut.

Terkait

Description: Canggih:robot bisa berlari Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Canggih:robot bisa berlari
Al
Mbah Qopet Updated at: 04.01

0 komentar:

Poskan Komentar