Jumat, 21 Agustus 2009

Ini Dia, Taksi Futuristic Tanpa Supir Pertama di Dunia

foto berita artikel

Taksi tanpa supir telah diperkenalkan di airport Heathrow sebagai system transportasi futuristic pertama di dunia. System baru tersebut dibangun oleh Advanced Transport System Ltd dalam sebuah display di Science Museum minggu ini, 11 hingga 13 Agustus. System transportasi tersebut akan menjadi icon selanjutnya dari system transportasi sebelumnya, seperti Rocket Stephenson dan model T Ford.


Taksi futuristic tersebut bernama mobil ULtra Personal Pod yang diciptakan oleh professor Martin Lowson, yang mengklaim bahwa mobil tersebut dapat mentransformasikan perjalanan antar kota, sebagai alternative lain selain bis dan mobil. Taksi ULtra Personal Pod senilai £25 juta ($42 juta) tersebut sudah dalam kondisi final trial dan bisa dijalankan. Jika proyek tersebut berhasil, maka BAA (airport London dan Scotlandia) akan menghabiskan uang senilai £200 juta ($329 juta)  untuk taksi tersebut agar dapat digunakan sebagai transportasi penumpang dari hotel ke terminal dan menggantikan semua supir agar stay di airport.

Ini adalah taksi tanpa supir pertama di dunia. Ide awalnya berasal dari Personal Rapid Transport yang telah ada, namun ini kontrak pertama di dunia. Mobil futuristic ULtra Personal Pod tersebut tampak seperti taxi otomatis dan berjalan di struktur jalan tertentu, baik jalan kecil ataupun jalanan berukuran normal.  Selain itu, terdapat  stasiun jaringan dimana penumpang dapat menunggu di sana untuk menaiki kendaraan ini. Pintu taksi akan terbuka dan penumpang hanya berbicara kemana akan pergi. Ini adalah system otomatis sehingga aman untuk travelling. "Semua dikontrol dalam jadwal seperti system pengontrol trafik udara dan masing-masing taksi memiliki slot masing-masing." ungkap Lowson.

Sementara itu, power baterai ULtra Personal Pod tersebut dapat mengangkut 4 orang dan bawaannya, juga berjalan dengan kecepatan 25mph. Cara kerjanya mudah, penumpang hanya masuk, menekan tombol di layar touchscreen untuk menentukan tujuan, dan duduk dengan tenang. Mobil taksi ULtra Personal Pod ini didesain untuk menggantikan bis dan kereta, sekaligus sebagai alternative sehingga penumpang tidak perlu terkena traffic jam.

Terkait

Description: Ini Dia, Taksi Futuristic Tanpa Supir Pertama di Dunia Rating: 4.5 Reviewer: Anonim ItemReviewed: Ini Dia, Taksi Futuristic Tanpa Supir Pertama di Dunia
Al
Mbah Qopet Updated at: 05.36

1 komentar:

  1. [...] the original here: Ini Dia, Taksi Futuristic Tanpa Supir Pertama di Dunia Author: admin Time: Friday, August 21st, 2009 at 7:36 am Category: Object Comments: You [...]

    BalasHapus