Kamis, 03 September 2009

Overload Server, Gmail Down Hampir 2 Jam

foto berita artikel

Aplikasi layanan email Google yang menempati peringkat terbesar ketiga di dunia, Gmail telah mengalami kelumpuhan, Selasa (01/09) kemarin dalam waktu sekitar satu setengah jam, hingga berimbas untuk pengguna email gratis dan berbayar. Matinya system Gmail antara jam 1 p.m waktu Pacific, dan berakhir kira-kira pukul 2:25.

Menurut pihak Google, pihaknya telah mengetahui masalah Google Mail tersebut yang berimbas ke banyak pengguna. Efek yang ada pengguna tidak dapat mengakses Gmail. Untuk itu, Google kemudian menyiapkan sebuah update terbaru mulai 1 September pukul 1:53:00 PM, ketika pihaknya sudah menyelesaikan masalah tersebut, namun hal tersebut diakui Google, Senin kemarin dapat berubah tergantung situasi.

Lalu apa penyebab matinya sytem Gmail?

Gmail memiliki ribuan data dan ribuan tumpukan server mail yang dapat mengalami gangguan jika ada salah satu server yang gagal ketika replikasi data dan penyebaran ke seluruh server. Selain itu, ada request server yang hanya diam namun ikut menyebarkan request email ke server mana saja, yang nantinya ditangkap oleh si penerima yang dituju. Kelumpuhan terjadi ketika, Google melakukan rutinitas maintenance server email, dan karena adanya beberapa perubahan data, maka akan terjadi overload request router server sehingga dalam beberapa menit traffic menjadi lambat. Sebagai hasilnya, user tidak dapat mengakses Gmal karena request mereka tidak sampai ke server Gmail. Sementara proses akses IMAP/POP dan mail bisa berjalan normal karena request tersebut tidak menggunakan router yang sama. Menurut VP Google, Ben Treynor, begitu banyak redundansi di system Gmail.

Lumpuhnya system Google Mail ini bukan yang pertama kalinya, karena Gmail juga pernah mengalami down sekitar 1 jam di bulan Mei lalu. Bahkan, di bulan Mei lalu, Google Mail juga sempat mati lebih dari 2 jam. Sementara itu, pihak Google yang diwakili Andrew Kovacs, meminta maaf akan ketidaknyamanan yang disebabkan kelumpuhan system Gmail tersebut.

Terkait

Description: Overload Server, Gmail Down Hampir 2 Jam Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Overload Server, Gmail Down Hampir 2 Jam
Al
Mbah Qopet Updated at: 00.47

0 komentar:

Poskan Komentar