Senin, 18 Mei 2009

Botnet dan Trojan dari Photoshop Berkeliaran di Macintosh

foto berita artikel Telah ditemukan, botnet pertama dari Mac OS X, yang dapat menginfeksi computer dan memudahkan jalan kepada penyusu untuk mengambil kontrol komputer, dan akhirnya mampu mencuri informasi user. Botnet Mac, merupakan sebuah jaringan computer yang telah terinfeksi, yang dikontrol oleh penyusup untuk tujuan ‘jahat’, dan akan segera memperparah computer setelah penyusup menjalankan software ‘jahat’ yang ‘ditempelkan’ di software edisi bajakan Mac iWork ’09 dan Adobe Photoshop CS4 untuk Mac. Malware Mac ini akan menyebar di BitTorrent dan situs peer-to-peer lainnya yang memiliki link ke software bajakan Mac tersebut.

Peneliti dari Symantec, Mario Ballano Barcena dan Alfredo Fesoli, telah menemukan dua varian malware secara terpisah, yang telah dikembangkan ke dalam botnet Mac, lengkapi dengan kode pencuri informasi user. Sementara software iWork ’09 yang tidak berlisensi juga dapat berfungsi dengan baik, namun di dalamnya telah mengandung Trojan, yang diketahui dengan nama OSX.Trojan.iServices.A, yang akan dijalankan segera setelah iWork ’09 diinstal di computer.

Sementara Intego, perusahaan keamanan lainnya, juga menemukan Trojan OSX.Trojan.iServices.B dalam crack aplikasi yang ada di copy-an Adobe Photoshop C54 untuk Mac, telah menyebar melalui situs sharing file peer-to-peer. Trojan tersebut menempel di crack nomor serial program tersebut. Ketika user men-download software Photoshop bajakan tersebut, aplikasi akan mengekstrak sebuah file executable dari datanya, lalu kemudian menginstal sebuah backdoor dengan membuka privilege root dalam sebuah file directory. Aplikasi Photoshop tersebut kemudian akan membuka sebuah image yang tersembunyi dalam folder, kemudian memproses crack program Photoshop, yang akan digunakan sebagai ‘kendaraan’ penyebaran malware, lalu membuat sebuah botnet.

Kedua varian Trojan tersebut terkoneksi dengan remote server via web, yang dapat memberitahukan kepada si penyusup bahwa computer telah terinfeksi, membuat mereka dapat terkoneksi jarak jauh ke computer terinfeksi tersebut untuk mencuri atau melihat informasi. Intego menyatakan, sudah terdapat lebih dari 20,000 komputer pengguna yang terinfeksi dengan malware ini. “Resiko infeksi ini sungguh serius, dan user akan mendapatkan konsekuensi yang serius jika computer Mac mereka diakses oleh penyusup.” tambah pihak Intego.

Terkait

Description: Botnet dan Trojan dari Photoshop Berkeliaran di Macintosh Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Botnet dan Trojan dari Photoshop Berkeliaran di Macintosh
Al
Mbah Qopet Updated at: 08.04

0 komentar:

Poskan Komentar