Kamis, 30 Juli 2009

Firefox 4.0, Hasil Jiplakan Ide dari Google Chrome?

foto berita artikel

Mozilla telah menunjukkan penampilan maket Firefox 4.0, yang ternyata mirip dengan interface browser Google Chrome. Sebelumnya di minggu lalu, Mozilla telah menunjukkan maket Firefox 3.7, yang telah mengeliminasi title bar browser tersebut, dan menggantinya dengan dua tombol menu drop-down di sisi kanan, sama seperti ide yang dirilis Google untuk Chrome di debutnya buln September 2008 lalu. Kini, maket Firefox 4.0 ini menampilkan 2 pilihan, satu pilihan sama dengan ide yang ada di Firefox 3.7 dan lainnya mengenai langkah selanjutnya untuk ‘beralih’ ke arah desain Google Chrome.

Secara spesifik, maket Firefox 4.0 menunjukkan bahwa tab browser di bagian atas terdapat jendela title bar. Hal tersebut sama dengan yang dipakai Google untuk Chrome. Sementara itu, kini Mozilla sedang mencari komentar untuk desain, terutama dari developer browser untuk sekedar brainstorming, dan maket tersebut belumlah final.

Satu lagi konsep dari Firefox 4.0, berupa Tabs-on-Top, yang diklaim Mozilla dapat digunakan untuk menghemat space vertical dan menghilangkan kesan kompleksitas visual. Di bagian samping, tampak berbeda, karena ada elemen interface yang membingungkan user. Bagi Firefox, meletakkan tab di bagian atas dimaksudkan untuk memisahkan proses yang berbeda di setiap tab, yang sekaligus mendorong performance lebih cepat, stabil, dan aman, namun menghabiskan memory lebih banyak.

Maket Firefox 4.0 ini juga menunjukkan tombol kombinasi di sisi kanan address bar yang dapat dikustomisasi user. Tombol tersebut dapat digunakan untuk memulai loading halaman yang diketikkan di address bar, atau menghentikan loading proses, dan reload ketika loading selesai.(h_n)

Terkait

Description: Firefox 4.0, Hasil Jiplakan Ide dari Google Chrome? Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Firefox 4.0, Hasil Jiplakan Ide dari Google Chrome?
Al
Mbah Qopet Updated at: 03.20

0 komentar:

Poskan Komentar