Senin, 04 April 2011

Situs Peta Kejahatan Bisa 'Menyesatkan'

www.police.uk
www.police.uk
DERBYSHIRE - Pihak kepolisian Inggris mengakui bahwa peta online yang menunjukkan tingkat kejahatan di suatu wilayah bisa 'menyesatkan' serta meningkatkan rasa takut.

Sebuah situs di Inggris mengundang masyarakat untuk mengetik kode pos mereka, dan melihat lokasi rawan kejahatan di setiap wilayah. Demikian seperti yang dikutip dari ThisIsDerbyshire, Senin (4/4/2011).

Situs tersebut diluncurkan pada Februari silam dan dirancang agar polisi bisa menjadi lebih bertanggung jawab kepada masyarakat.

Rob Careless, Deputy Head of Corporate Services dari kepolisian Derbyshire, mengatakan bahwa informasi dari situs tersebut bisa menimbulkan pemahaman yang berbeda di masyarakat.

"Hal ini dikarenakan lokasi kejahatan tidak ditunjukkan tepat di mana mereka terjadi, melainkan di jalan terdekat berjarak 12 rumah," ujar Careless.

Careless mengatakan bahwa hal ini dilakukan agar korban tidak bisa dikenali oleh pelaku kejahatan. "Akan tetapi karena hal ini, lokasi kejahatan sebenarnya mungkin terjadi 1 mil dari lokasi sebenarnya," ungkap Careless.

"Tapi tujuan awal situs tersebut dibuat adalah agar publik menerima informasi secara akurat dan mereka tahu apa yang sedang terjadi," tandasnya.

Careless mengatakan bahwa sistem di situs tersebut adalah akurat, tapi tergantung pada bagaimana itu diinterpretasikan.

Situs kontroversial yang beralamat di www.police.uk, sangat populer di Inggris, sehingga di awal peluncurannya sempat down beberapa kali.
(srn)

Terkait

Description: Situs Peta Kejahatan Bisa 'Menyesatkan' Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Situs Peta Kejahatan Bisa 'Menyesatkan'
Al
Mbah Qopet Updated at: 05.15

0 komentar:

Poskan Komentar