Minggu, 28 Juni 2009

Kematian Michael Jackson Picu Ledakan Spam dan Malware

foto berita artikel Kematian mendadak raja pop dunia, Michael Jackson pada hari Kamis yang lalu, rupanya telah memicu timbulnya sejumlah serangan spam dan malware di Internet.

Kurang dari 24 jam setelah berita kematian Michael Jackson diberitakan di berbagai media massa, para pembuat spam dan malware juga mulai meluncurkan email dengan mempergunakan kata 'Michael Jackson' dalam subject-subjectnya, dengan maksud untuk mengecoh para penerima untuk mengakses email tersebut.

Salah satu serangan tersebut, terdeteksi oleh peneliti di perusahaan keamanan Websense, menampilkan link-link yang menawarkan video maupun gambar Michael Jackson. Email spam ini tentunya akan menarik sang penerima untuk mengklik link yang muncul, untuk membawa mereka menyaksikan video YouTube dari raja pop ini. Tetapi tanpa disadari, pada saat yang sama, tanpa mereka sadari mereka juga akan mendownload trojan ke komputer. File embed dalam email spam ini dinamakan Michael.Jackson.video berlokasi di sebuah website resmi yang ada di Australia. Setelah membuka file tersebut, penerima akan dibawa ke situs yang sah, namun tanpa disadari pada saat bersamaan juga malware sedang bekerja mencuri beberapa informasi penting di dalamnya.


Selain Websense, para ahli Symantec juga mengatakan bahwa mereka telah mendeteksi sebuah ledakan spam di Internet yang dipicu oleh kematian sang raja pop ini. Dalam setiap subject email umumnya memang selalu menyertakan kata 'Michael Jackson'. Isi dari spam tersebut antara lain adalah penawaran obat-obatan, software antivirus palsu, dan berbagai macam produk lainnya yang sama sekali tidak terkait dengan judul subject email tersebut. Untuk itu mereka akan melakukan pengawasan dengan lebih ketat pada 48 jam yang akan datang

Menurut David Cowings, manajer senior untuk Symantec Security Response, AntiSpam dan antivirus masih cukup komprehensif untuk melindungi diri dari serangan spam ini. Selain itu, user juga harus selalu menghindari untuk tidak mengakses email-email asing yang dikirim oleh sumber-sumber tidak dikenal.

Terkait

Description: Kematian Michael Jackson Picu Ledakan Spam dan Malware Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Kematian Michael Jackson Picu Ledakan Spam dan Malware
Al
Mbah Qopet Updated at: 03.47

0 komentar:

Poskan Komentar