Jumat, 07 Agustus 2009

Google Salurkan Dana 106 Juta Dollar untuk Akuisisi On2

foto berita artikel

Google dan perusahaan On2 Technologies telah mengumumkan, Kamis (06/8) ini bahwa Google telah membeli On2 dengan saham senilai $106.5 juta. Seperti yang diketahui, On2 adalah penyedia software video codec dan hardware, sedangkan Google merupakan salah satu penyedia video berbasis web. Kesepakatan tersebut menjadikan Google akan memiliki video code berbasis web masa depan yang baru.

Video codec sendiri menggunakan teknologi Video CDs (MPEG-1), DVDs (MPEG-2), dan Blu-ray (MPEG-4), untuk membuat variasi format berbasis web, seperti QuickTime, Windows Media Video, Theora, H.264, DiVX, Flash, Silverlight, etc. Format tersebut semuanya menawarkan video melalui jaringan. Untuk On2 juga telah support codec VP6 yang digunakan di Flash video, yang sering digunakan untuk system video online.

Kini standard Flash video sudah mulai tergeser dengan datangnya HTML5, dengan element <video> untuk menyediakan video yang simple di halaman web. Namun, perusahaan seperti Apple dan Google telah menggunakan codec yang lebih tinggi, seperti H.264, codec yang efisien untuk video. Sementara untuk Mozilla dan Opera biasa menggunakan codec Ogg Theora yang tidak berlisensi dan bersifat open source.

Google sangat tertarik untuk membeli On2 sangat jelas untuk member standard baru video berbasis web. “Kini video merupakan bagian yang penting di web, dan kami percaya baha teknologi kompresi video berkualitas tinggi akan menjadi platform video kami.” ungkap pihak Google. Kemungkinan besar teknologi codec VP8 yang dibawa On2 akan digunakan di YouTube. Sementara On2 mengklaim bahwa VP8 dapat menghemat bandwith sekitar 40 persen, daripada implementasi H.264. Dengan adanya perpaduan Google dan On2 dengan teknologi codec-nya yang handal, maka akan membuat posisi Google semakin bagus.

Terkait

Description: Google Salurkan Dana 106 Juta Dollar untuk Akuisisi On2 Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Google Salurkan Dana 106 Juta Dollar untuk Akuisisi On2
Al
Mbah Qopet Updated at: 04.55

0 komentar:

Poskan Komentar