Rabu, 16 Maret 2011

Mengembalikan File Super HIDDEN Karena Virus

Hanya ingin berbagi pengalaman saja ya, kemarin kompi aku kena virus (merubah file *.jpg menjadi *.exe) setelah saya scan dengan antivirus file *.exe nya lenyap dan file didalam folder habis karena gambarnya udah kemakan virus. tapi anehnya ketika aku lihat properties nya ternyata foldernya tidak kosong blong....(size nya masih ada), ada filenya tapi tidak nampak / terhidden. ternyata file gambar (*.jpg) nya masih ada. itu saya ketahui ketika folder tersebut saya jadikan file ZIP dan ketika aku buka (bukan extract) ternyata filenya (gambar) masih ada semua.





Dengan berbekal pengetahuan yang agak-agak lupa aku mulai berfikir untuk mengingatnya. yaitu dengan cara Klik Tool >>> Folder option >>> View >>> pada folder file and folders aku centang yang "show hidden file and folders" dan klik OK, aku lihat pada folder yang seolah - olah kosong tadi ternyata juga masih belum nampak.(ternyata kurang mujarab, hehe....).

kembali lagi ke menu Tool >>> Folder option >>> View >>> dan hilangkan centang pada "Hide protected operating system files" dan klik OK maka CRINGGGGGGGGGGGGGG...... nampaklah file yang tadinya dihidden virus tadi. cepat - cepat aku klik salah satu file ( klik kanan properties) bermaksud menghilangkan tanda centang "HIDDEN" pada attributes file tersebut tapi ternyata g bisa, karena mungkin proses hiddennya dari dalam jadi membuka hidden juga harus dari dalam. haha......


Setelah berhenti sejenak dan ingat akan catatan yang pernah diajarkan sewaktu duduk dabangku sekolah dulu, mulai mencoba lagi dan ternyata begini caranya :
 


Tentukan dulu Drive yang akan di unHidden misalnya dalam Flashdisk F:

  1. klik start -> run (Tombol windows + R) -> ketikkan cmd
  2. masuk ke Drive e: dengan cara ketik  f: lalu enter
  3. ketik perintah attrib -R -S -H /S /D kemudian tekan enter
  4. Tunggu sampai selesai.

Setelah mempraktekkan cara diatas.ternyata file gambar yang dihidden virus tadi nampak lagi........
Ini hanya berbagi pengalaman loch, karena saya bukan ahli membasmi virus. wakakakakaka

Semoga bermanfaat !!!

Terkait

Description: Mengembalikan File Super HIDDEN Karena Virus Rating: 4.5 Reviewer: Anonim ItemReviewed: Mengembalikan File Super HIDDEN Karena Virus
Al
Mbah Qopet Updated at: 07.39

0 komentar:

Posting Komentar