Kamis, 14 Mei 2009

Rahasia mendulan dollar dari paid broker link bawah tanah


Selama tahun 2008, salah satu sumber penghasilan online tak terduga saya berasal dari penjualan spot iklan berbasis text link ads yang saya dapatkan secara langsung dari broker paid link bawah tanah.

Apa itu broker paid link bawah tanah?

Broker paid link bawah tanah adalah orang yang secara pribadi atau mewakili perusahaan online advertising/SEO consulting menghubungkan pihak pemasang iklan dan pemilik blog untuk memasang iklan berbasis teks (text link ads) di blog-blog yang telah dipilihnya. Sebutan broker paid link bawah tanah sebenarnya sekedar untuk membedakannya dengan penyelenggara program-program paid link formal yang sudah banyak dikenal seperti TextLinkAds, Backlinks ataupun Linkworth. Berbeda dengan penyelenggara program paid link formal, broker-broker paid link bawah tanah akan langsung mengirimkan email penawaran kerjasama kepada pemilik blog yang telah diincarnya.

Besaran nominal yang ditawarkan oleh broker paid link bawah tanah cukup lumayan, bervariasi antara $120 hingga $200 untuk 3 text-based link yang harus ditampilkan di artikel-artikel yang ada di blog yang telah dipilih (ya, biasanya broker paid link bawah tanah akan memilih sendiri artikel di blog kita yang hendak dipasang text-based link tersebut).

Mau tahu contoh email penawaran dari broker paid link bawah tanah?

Berikut ini contohnya:

-----------------------------------------

Hi,

I work for Linkstar, a leading broker of online advertising, dealing with many thousands of independent webmasters worldwide. We currently have a client in the Gaming industry for whom we are looking to acquire advertising from quality websites.

We've had a look at your site and think that it would be a good match for our client, whose target demographic is similar to your own.

We would be interested in purchasing advertising in the form of a text-based link on your site. To reduce unnecessary admin and hassle, we prefer to pay a fixed annual upfront fee for such advertisements. Once the ad has been placed, payment can be made quickly by PayPal or an alternative method if you choose.

If you are interested, please get back to me with your rates etc. I look forward to hearing from you.

Kind regards,
Leizl Phillips
Account Executive

-----------------------------------------

Setelah menerima email penawaran seperti ini, percakapan biasanya akan berlanjut dan berujung pada transaksi harga untuk setiap text-based link yang harus Anda tampilkan di blog Anda. Dan setelah Anda menampilkan text-based link yang mereka inginkan, Anda akan dibayar melalui PayPal.

Sederhana, tapi menguntungkan. :)

Lalu bagaimana caranya agar blog Anda juga bisa mendapatkan penawaran semacam ini?

Dibawah ini adalah beberapa tips "rahasia" yang telah saya praktekkan untuk mendulang dollar dari broker paid link bawah tanah.

Pertama, blog Anda tentu saja harus berbahasa Inggris. Tidak perlu 100% orisinal tulisan Anda sendiri jika memang Anda belum mampu menulis dalam bahasa Inggris dengan baik. Anda bisa me-rewrite artikel-artikel dari blog lain. Untuk setiap artikel, cukup 100-200 kata. Tidak perlu membuat artikel panjang.

Kedua, akan lebih baik apabila topik blog Anda cukup spesifik (niche blog). Topik-topik yang banyak dicari broker paid link bawah tanah biasanya mencakup topik games, gadget, teknologi, travel dan kesehatan. Jika Anda belum menemukan topik untuk blog Anda, tidak ada salahnya mencoba menggunakan topik-topik ini terlebih dahulu.

Ketiga, artikel berupa review dengan gambar produk biasanya lebih disukai oleh broker paid link bawah tanah. Anda bisa menulis review produk, review software, review program ataupun review penawaran tertentu.

Keempat, sertakan alamat kontak berupa email yang cukup mudah dilihat di blog Anda. Anda bisa menambahkan kalimat "Contact me if you want to buy text-based ads on this site" atau "Contact us to get our latest inexpensive text-based ads rates" untuk memudahkan broker paid link bawah tanah menghubungi Anda.

Kelima, usahakan layout dan theme blog Anda tetap simpel dan bersih. Jangan menggunakan terlalu banyak widget yang tidak perlu. Broker paid link bawah tanah lebih mementingkan variabel lain seperti Google PR, Alexa Rank dan usia blog ketimbang desain blog Anda.

Keenam, berfokuslah untuk meningkatkan ranking blog Anda (Google PR, Alexa Rank, Technorati Ranking) dengan melakukan teknik-teknik dasar SEO. Tidak perlu yang advance jika memang Anda belum mampu. Usahakan minimal blog Anda ber-PR 1.

Ketujuh, update secara rutin setidaknya seminggu 2 posting artikel. Keajegan ini juga akan menjadi nilai lebih dimata broker paid link bawah tanah bahwa Anda benar-benar serius mengelola blog Anda.

Kedelapan, sabar dan persisten. Saya pribadi perlu waktu setidaknya 6 bulan sebelum mulai mendapatkan email penawaran pertama dari seorang broker paid link bawah tanah. Sembari menunggu datangnya sang email, tidak ada salahnya bila Anda juga melakukan monetisasi untuk blog Anda dengan program-program populer lain semisal Google Adsense, Chitika, Amazon Associates atau TribalFusion. Jadi, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. :)

Nah, kedelapan tips sederhana itulah yang secara pribadi selama ini saya lakukan hingga mendapatkan cukup banyak tambahan penghasilan tak terduga dari broker paid link bawah tanah.

Anda ingin mencoba? Silahkan. Tidak ada ruginya kok.

Sekedar ingin berbagi. :)

(Gambar diambil dari Backlinks.com)

Medhy Aginta

Terkait

Description: Rahasia mendulan dollar dari paid broker link bawah tanah Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Rahasia mendulan dollar dari paid broker link bawah tanah
Al
Mbah Qopet Updated at: 06.34

9 komentar:

  1. maksimal berapa bulan diterima atau tidaknya kita oleh broker bawah tangan?

    BalasHapus
  2. 1 bulan broo..

    BalasHapus
  3. tips yang anda kemukakan sangat bagus, tapi mo tanya ni bro cara penempatan “Contact me if you want to buy text-based ads on this site” gimana, soalnya aku ga tau buat kontak di halaman blog. bagi tips dong.........

    BalasHapus
  4. tips yang anda kemukakan sangat bagus, tapi mo tanya ni bro cara penempatan “Contact me if you want to buy text-based ads on this site” gimana, soalnya aku ga tau buat kontak di halaman blog. bagi tips dong………

    BalasHapus
  5. bagaimana jika review yang ditawarkan tidak sesuai dengan tema blog? haruskah kita membuat tambahan kategori yang sama sekali berbeda dengan judul blog? thx.

    BalasHapus
  6. thanks untuk sharing nya.
    jadi pengen praktek nih. tapi bukan jadi bloggernya tapi jadi broker link bawah tanah nya. hehe....

    jalan2 ke tempat ku yah gan :)

    BalasHapus
  7. Kok copas dari blogguebo, yang kreatif dikit lah

    BalasHapus