Sabtu, 16 Mei 2009

Teknik SEO untuk mendapatkan traffic dari google

A

Dalam artikel ini saya tidak hanya membahas bagaimana membahas tips mendapat posisi bagus di Google, tapi juga mendapat pengunjung (atau klik) jika blog kita kalah posisi di Google.

Untuk mendapat posisi bagus tentulah kita sudah tahu bersama yakni:

Backlink + Keyword + artikel minimal 250 kata juga unik.

1. Backlink, pastilah rekan semua sudah tahu mencari backlink dan untuk tambahan silahkan ke: Backlink. Anda harus mempunyai blog pendukung dan umumnya blogger sudah mempunyainya, dan jika mampu alias gak capek buat 10 atau 20 blog jadikan ke 20 blog tersebut sebagai pendukung blog anda .

Bahasan soal blog pendukung sudah banyak, dan di bagian ini saya hanya membahas area yang perlu di optimalkan yakni masukin rss feed blog kamu di blog-blog pendukung kamu agar mendapat banyak backlink darinya. Biarpun blog-blog tersebut merupakan blog pendukung sejauh mereka sudah terindeks Google maka Vote dari mereka tetap terhitung, remember in SEO every Link counts! Jadi blog utama anda akan mendapat banyak Vote, seperti ini ilustrasinya:

backlinks



Sekarang kita bahas cara mendapat backlink lewat RSS FEED memakai layanan blog gratis seperti Blogspot.com & Wordpress.com.

  • Blogspot.com: Jika blog pendukung anda ialah blogspot.com, menuju page element lalu “Add a Gadget” -> pilih “Blog List” kemudian muncul tampilan baru pilih “Add to list” dan masukan url feed blog kamu, seperti ini:
    http://feeds2.feedburner.com/namafeedkamu
    http://namablogkamu.com/feed

  • Wordpress.com: dan jika blog pendukung rekan ialah Wordpress.com : ke -> Appearance -> Widget -> RSS dan masukan url feed anda, kemudian atur berapa jumlah posting yang akan ditampilkan.


Manfaatnya: setiap kali rekan memposting artikel baru maka secara otomatis blogger.com dan wordpress.com anda akan mengambil feed blog utama dan mempublishnya di blog pendukung, efeknya artikel baru anda mendapat backlink gratis sebanyak blog pendukung anda, jika blog pendukungnya ada 100 maka 100 backlink gratis. Tapi Ingat semua blog pendukung HARUS sudah ke Indeks Google.

Dan efeknya posisi artikel baru anda akan langsung meluncur naik ke urutan bagus di lembar hasil pencarian Google karena jumlah backlink dari RSS FEED.

Pertanyaannya sekarang blog2x pendukung itu harus di isi apa? Masa kosong melompong cuma ditaruh link-link blog dan feed url bi?! Mudah saja, isi blog-blog pendukung kamu dengan artikel di blog utama, copy-paste satu artikel di blog utama lalu di akhir artikel tulis
Sumbernya dari: http://linkblogutama.com/judul-posting.html

Atau copy saja paragrap pertama artikel rekan kemudian tulis:
Untuk baca lebih lanjut kasih link halaman blog utama — seperti software autoblog — hanya kumpulan paragrap dan read more.

Anda tidak perlu mengupdate blog pendukung setiap hari, lakukan seminggu atau 2 minggu sekali dengan copy dari blog utama, yang penting ada posting baru…dan blog-blog pendukung seringkali mendapat PageRank dan pengujung juga.

2. Optimasi Keyword saya bagi menjadi 2: Pengulangan Keyword/Keyphrase dan teknik bolding.

  • Pengulangan keyword, jangan terlalu berlebihan dalam optimasi keyword bisa-bisa halaman artikel anda hilang di Google. Dan pastikan keyword yang anda perjuangkan berada di paragrap pertama sebagai penekanan. Misalnya keyword: Abi Bakar ganteng (hehehe narsis), nah pastikan keyword tersebut muncul di paragrap pertama dengan tepat. Ini model-model optimasi keyword yg biasa saya lakukan:Mengurut keyword di paragprap pertama, contohnya:
    Saya kemarin ketemu Abi bakar genteng, Abi bakar ganteng ternyata baik orangnya…bla…bla..bla…

    Memisahkan keyword di paragrap pertama, contohnya:
    Saya kemarin ketemu Abi bakar ganteng, ternyata Abi bakar benar-benar ganteng…bla…bla…bla…

    Mengacak keyword di paragprap pertama, contohnya:
    Saya kemarin dan Abi bakar berjalan-jalan dan tiba-tiba teman Abi memanggil ganteng, ganteng!…

    Faktor penunjang 3 model teknik pengulangan keyword diatas adalah bisa-bisanya anda bermain kata dalam sebuah artikel agar tidak kaku dan mata calon pengunjung dari Google langsung tertarik saat membacanya.

    Kenapa saya tekankan paragrap pertama artikel? Karena disitulah pertama kali Google Bot mengidentifikasi artikel kita:
    Judul posting + meta deskripsi (paragrap pertama) + permalink = “keyword yang di optimalkan” maka posisi halaman kita semakin bagus.

    Contoh gambar pada SEO Untuk Blogspot:

    gambar seo pengunjung

  • Sekarang bolding, nge-bold keyword juga cara membantu posisi kita, namun jangan terlalu banyak menggunakan cara ini bisa-bisa halaman blog anda hilang di mesin pencarian.
      Jenis-jenis bolding:
    • <h1></h1> (h1 di gunakan sebagai sub judul dalam artikel karena ukurannya besar) sekali

    • <h1></h2> (h2 di gunakan sebagai sub judul tapi ukurannya lebih kecil dari h1)

    • <strong></strong>

    • <b></b>

    • Pewarnaan pun bisa dijadikan penekanan.



  • Contoh pemaikaian:

    <b>Keyword</b>

    Contoh dalam kalimat:
    Saya kemarin ketemu Abi bakar genteng, Abi bakar ganteng ternyata baik orangnya…bla…bla..bla…

    Jumlahnya jangan terlalu banyak maksimal 2 saja sudah cukup apabila artikel anda hanya terdiri dari 200 kata, Karena jika terlalu banyak selain di anggap spam juga mengganggu pembaca. lain halnya, jika artikel anda sangat panjang dan memang memerlukan penekanan maka boleh-boleh saja sejauh bukan keyword yang itu-itu saja yang di bold.

    3. Minimal 250 kata dalam artikel, sebaiknya jumlah artikel tidak kurang dari 250 kata dan tidak perlu dihitung perkata cukup bikin artikel hingga 2 atau 3 paragpraf, itu secara kasar sudah termasuk 250 kata. Karena dengan banyaknya anda telah menciptakan sinonim dan mendukung keyword yang sedang di optimalkan.

Setelah semua langkah diatas dilakukan, saatnya mengatasi faktor di “luar rencana”, anggap saja keyword yang anda perjuangkan yaitu Abi Bakar Ganteng, berada pada urutan 1 Google, namun bagaiman dengan keyword Gantengnya Si Abi apakah berada di posisi pertama? Jika keyword tersebut sangat kompetitive maka pastinya tidak! Halaman anda bisa saja barada di urutan 3, 4, 5 dan seterusnya, dan biasanya pencari informasi akan langsung mengklik yang berada di urutan 1, maka anda kehilangan calon pengunjung.

Jawabnya ialah buatlah judul yang bombastis! Secara psikologis manusia cenderung memilih yang wah! dan hebat juga yang pasti-pasti aja! Jadi gmanfaatkan faktor kelemahan manusia ini untuk mendapatkan pengunjung.

Contohnya, seperti judul posting saya:
Dapetin Ribuan Pengunjung Perhari? Ah Gampang Itu!

Saya memang sengaja membuat judul seperti itu agar dijadikan contoh untuk artikel ini, dan kemungkinan besar siapapun yang melihatnya pasti akan langsung tertarik

Posting tersebut sementara ini selalu keluar di urutan 1 untuk keyword:
Ribuan pengunjung perhari

SEO Google Abi



Namun jika keywordnya di rubah menjadi:
Pengunjung ribuan perhari

Posting itu berada di urutan ke 3:

SEO Abi Google



Dan anda bisa lihat judul saya yang paling bombastis dan sangat belagu hehehe menarik untuk diklik. Jadi biarpun saya tidak berada di urutan 1 untuk Keyword: Pengunjung ribuan perhari, halaman blog saya tetap punya peluang besar untuk di klik karena kebombastisannya!

Jadi buatlah judul se-bombastis mungkin sejauh isi dari artikel kamu sesuai dengan judulnya alias tidak menipu.

Tambahan:

  • Lakukan internal link building, pastikan posting baru anda memberi link pada posting lama, dengan begini posting lama di blog anda mendapat link gratis dan pembaca blogpun tahu bahwa posting tersebut ada!

  • Buat tag di tiap artikel, jika blog anda adalah Wordpress, saat menulis artikel buatlah Tag minimal 3 atau 5 tag, ini juga bagus untuk internal link building.

  • Pastikan blog kita cepat loading aksesnya, hal yang tidak kalah pentingnya adalah blog kita harus cepat saat di kunjungi.


Sekian, semoga bermanfaat dan see u!

Terkait

Description: Teknik SEO untuk mendapatkan traffic dari google Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Teknik SEO untuk mendapatkan traffic dari google
Al
Mbah Qopet Updated at: 10.56

9 komentar:

  1. sudah pada tahu belum tentang Google Search Option yang baru?

    BalasHapus
  2. Walah .. aku kok malah baru tahu yg kek ginian .. thx broo..

    BalasHapus
  3. http://muslimkidzwear.wordpress.com
    Posting yang menarik

    BalasHapus
  4. mantap jurus-jurus seo nya ... ditunggu jurus berikutnya

    BalasHapus
  5. terima kasih atas tips dan saranya semoga bermanfaat buat saya dan temen2 smuanya. Salam kenal alje.jw.lt

    BalasHapus
  6. walau nggak diposisi google yang bagus yang penting tetap blogging kang, salam kenal. mantap infonya

    BalasHapus
  7. wah membantu gbt, krn lagi belajar blog n perlu tips n cara buat datangkan pengunjung...

    BalasHapus