Senin, 06 Juli 2009

Mozilla Bikin Kreasi CSS Tipografi di Firefox 3.5

foto berita artikel

Selain menambah fitur yang support untuk HTML 5, geo-location, dan engine yang lebih cepat, Mozilla telah menambah aturan CSS yang baru untuk membuat typography web di Firefox 3.5 yang lebih atraktif. @font_face  merupakan aturan CSS (Cascading Style Sheet) yang memperbolehkan desainer web untuk mereferensikan font yang tidak terinstal di komputer end-user. User hanya perlu menuju ke stylesheet berbasis server atau file JavaScript di kode halaman web user, sehingga user dapat membuat referensi untuk bentuk huruf yang dimiliki.


Beberapa situs berita lain juga menggunakan optimasi web agar huruf mudah dibaca dan se-stylish mungkin, namun, banyak kemungkinan desain dengan adanya huruf tambahan yang bisa di-download, walaupun ada resiko keamanan jika hacker memiliki file font tersebut. Menurut juru bicara Mozilla, John Daggett, dalam sebuah stylesheet, setiap aturan @font_face mendefinisikan nama font yang akan dipakai, source font yang akan di-load, karakteristik style yang ikut menghiasi font, seperti bold atau italic. Firefox 3.5 akan menambah font yang dibutuhkan user, sehingga stylesheet dapat me-list semua font untuk dipilih user.

Menurut Mozilla, browser Firefox 3.5 ini telah mengatasi masalah yang rumit, karena adanya font Microsoft seperti Helvetica atau Times NewRoman yang mudah dibaca namun kurang memiliki style, seperti Verdana contohnya. Adanya kustomisasi huruf-huruf baru dengan fitur @font_face ini akan membuat website lebih atraktif dan mudah dibaca tanpa harus memasukkan Flash atau plugin lainnya. Dari sisi teknis, Firefox 3.5 hanya memperbolehkan font untuk di-load di halaman web dari situs yang sama pula. Hal ini mencegah agar situs tidak dengan seenaknya menggunakan font yang ditemukan di situs lain, dan untuk ini Firefox 3.5 memberikan proteksi, walaupun tidak penuh.

Mozilla menambahkan, kebanyakan founder font tidak menyiapkan untuk hal tersebut dan pada umumnya mereka tidak memiliki lisensi dari font yang digunakan. Namun, dengan adanya fitur @font_face ini desainer font web dapat mengembangkan mindset mereka.

Terkait

Description: Mozilla Bikin Kreasi CSS Tipografi di Firefox 3.5 Rating: 4.5 Reviewer: Anonim ItemReviewed: Mozilla Bikin Kreasi CSS Tipografi di Firefox 3.5
Al
Mbah Qopet Updated at: 01.11

0 komentar:

Posting Komentar