Jumat, 03 Juli 2009

Rahasia baru dinosaurus telah terungkap

090703_dino

Sebuah fosil dinosaurus dalam keadaan utuh menguak satu rahasia baru perihal hewan yang telah punah ini.

Melansir pemberitaan National Geograpic, Kamis (2/7) disebutkan contoh fosil hadrosaurus yang ditemukan di Dakota, Amerika ini menunjukan kulit hewan ini mirip dengan keturunannya yang masih hidup di masa modern ini seperti buaya dan unggas lainnya.


Para ilmuwan memaparkan temuannya ini dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B di mana menurut mereka protein yang terkandung dalam kulit hadrosaurus mengalami degradasi. Asam amino yang membuat protein itu masih ada pada kulitnya.


Phil Manning dari University of Manchester bersama rekan-rekannya telah menerapkan sejumlah teknik berbeda guna memperoleh informasi sebanyak mungkin dari fosil yang mereka temukan itu.


Sebenarnya penemuan fosil “Dakota” ini terjadi pada 2004. Namun para ilmuwan baru mampu memelajarinya dengan seksama sejak tahun lalu ketika fosilnya berhasil dipindahkan dari tempat ia mendekam di bebatuan.


Manning mengatakan dari sejumlah tes yang dilakukan terhadap fosil itu, mereka memastikan satu teori adanya kulit reptil dinosaurus alami. Mereka menemukan kulit hewan ini cukup tebal seperti kulit gajah. Ditambahnnya, riset mendatang akan mebantu menggambarkan rahasia lainnya seputar kehidupan dinosaurus ini di masa lalu.


Sementara itu, para ilmuwan di Two Medicine Dinosaur Center, Montana kini tengah meneliti fosil “Leonardo”, makhluk dinosaurus berparuh seperti bebek yang berusia 77 juta tahun yang juga ditemukan dalam keadaan utuh.


Menurut Cory Coverdell, instruktur lapangan mengatakan, contoh temuan mereka merupakan temuan yang berpotensi sebab 70 persen tubuh hewan itu diselimuti kulit yang mengandung mineral dan mungkin organ-organ tubuh di dalamnya juga turut memfosil.HARIAN-GLOBAL.COM

Terkait

Description: Rahasia baru dinosaurus telah terungkap Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Rahasia baru dinosaurus telah terungkap
Al
Mbah Qopet Updated at: 19.46

0 komentar:

Poskan Komentar