Jumat, 15 Mei 2009

Sitemaps error

Pernahkah anda Cek Sitemaps anda di Google? Saya Sering. Apa yang dibilang Google-Webmaster tentang site map anda? Ok ataukah Error? Kemarin Sitemaps saya Error. Ah Biarlah eror tapi toh blog aku masih bisa diakses orang kok! Benar Entah Ok, entah Error, blog anda akan tetap dapat diakses oleh orang lain melalui direct Url (maksudnya.. dengan menuliskan alamat Url/http://xxx blog anda secara langsung di addres bar browser). Tapi kalo misalnya pencarian blog dilakukan menggunakan mesin pencari gimana coba? Ketemukah? Terlewatkah?
Jawaban pasti dari pertanyaan ini masih menjadi tanda tanya besar bagi pengguna blog.

Yang saya tahu... Mesin pencari (google, Yahoo, MSN, Livesearch dan jutaan search enggine yang lain) akan mengenali blog kita melalui beberapa cara. Salah satunya adalah melalui sitemaps. Lalu apasih sitemaps itu?
Saya hanya akan menceritakan kejadian yang saya alami. Semoga bagi blogger pemula (seperti saya) tulisan ini dapat digunakan sebagai bahan refferensi. Dan bagi senior mohon koreksi dan petunjuknya untuk penyempurnaan tulisan ini.



Sitemaps, seperti namanya adalah semacam Peta Situs. Berikut Kutipan saya tentang pengertian sitemaps yang saya sadur dari wikipedia

The Sitemaps protocol allows a webmaster to inform search engines about URLs on a website that are available for crawling. A Sitemap is an XML file that lists the URLs for a site. It allows webmasters to include additional information about each URL: when it was last updated, how often it changes, and how important it is in relation to other URLs in the site. This allows search engines to crawl the site more intelligently. Sitemaps are a URL inclusion protocol, and complement robots.txt, a URL exclusion protocol.

Masih belum juga jelas?
Saya ibaratkan kita didunia luar; (soale dunia internet kan mirip rimba raya yang anonim) kita perlu memiliki pemandu untuk menentukan arah perjalanan.
Oke Saya Contohkan langsung. Internet adalah semacam dunia yang penuh penghuni..... ada situs, ada weblog (blog), ada Website dan ntah apa lagi sebutannya... Yang pasti: anggaplah istilah tadi (blog / situs) kita ibaratkan rumah tinggal. Sementara diluar sana ada ada tukang pos yang tukang nyampein berita (anggaplah server e-mail seperti: Gmail, Yahoo!, Hotmail dll), Ada pula pendata penduduk atau tukang sensus (lebih sering di sebut search engine / mesin pencari). Logikanya: kalo kita hidup disuatu wilayah dan kita nggak terdaftar sebagai warga ditempat itu, gimana kira - kira? Ada jatah pembagian BLT nggak dapet kali ya....

Btw, ilustrasi diatas hanya sekedar gambaran kasar. Detailnya begini... Anggap pengguna internet (misalnya anda) mencari sebuah artikel menggunakan search engine Google dengan kata kunci "kucing garong" misalnya. Maka google akan mencari sebuah situs yang mencantumkan kata kunci: kucing dan/atau Garong. Nah bagaimana cara google mengetahui bahwa kedua kata tadi ada di situs kita? Anggaplah kedua kata tadi ada di blog anda. Misalnya Kata "kucing Garong Lagu yang sedang hit" Adalah judul postingan anda. Kemudian posting ini nggak anda kenalkan kepada google. Logikanya.... gogle tidak akan melihat kalimat "kucing Garong Lagu yang sedang hit" ada disitus atau blog anda. Yang akirnya saat google mencari kata kucing Garong, blog anda terlewatkan. Nah gimana agar Google bisa mengenal blog kita? Caranya ada disini. Itu mah baru kenal aja om.... belum faham atau akrab dengan blog kita? Soale kalo ada blog lain yang mengandung kata kucing Garong lebih dikenal dan diakrabi google, tentunya blog tersebut yang akan pertama kali dimunculkan dalam hasil pencarian.
Coba baca penjelasan bung Sorsarwo dalam jurnalnya

Wah susah juga ya ngenalin blog ke mesin pencari....? Ada yang bilang mudah. Semudah memperkenalkan Ipod pada ayam. Simak pendapat bung cosa :

Mengenalkan Situs kita pada mesin pencari (atau dengan kata lain, membuat supaya halaman2 situs kita terindeks mesin pencari) sebenarnya sama mudahnya dengan mengenalkan ayam pada iPod, hehehe. Langkah2nya juga tidak rumit dan berbelit, karena saya sendiri biasanya hanya melakukan tiga kegiatan saja untuk membuat mesin pencari mengenal dan mencumbui (serem ya bahasanya) situs atau blog baru saya.

Tetapi pada kenyataannya tidak semua orang mampu bertindak seperti bung cosa. Kembali ke fokus Sitemaps : Untuk itu, kita perlu memperkenalkan blog kita secara detail kepada mesin pencari,Melalui mengenalkan / mendaftarkan sitemaps blog kita ke mesin pencari. Baca ulasannya disini.
jika ternyata gagal atau ada pesan error seperti ini...


Apa yang harus dilakukan? Nah berikut solusinya:
Cobalah masukkan alamat lain yang tetap merujuk kesemua url blog anda. Caranya:
1. Masuklah google webmaster tools.
2. Pada tab Dashboard, klik Tools, Kemudian klik Optimyze robots.txt
3. Perhatikan rangkain huruf yang ada dalam kotak sebelah kanan yang bertuliskan sitemaps. Contohnya seperti ini.
Disallow:

User-agent: *

Disallow: /search

Sitemap: http://sawasanganam.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
4. Copy alamat sitemaps yang muncul (yang berhuruf tebal).
5. Masuklah ke panel kontrol blog anda Klik tab Pengaturan (setting)
6. Klik Feeds situs
7. Pada Kolom pengubahan arah feed, paste kode yang sudah anda copy tadi.
8. Klik save setting (Simpan pengaturan)
9. Kembali ke Dasboard google webmaster tools.
10. Klik Sitemaps lalu klik Add Sitemaps
11. Pilih mode penambahan sitemaps ke mode Code search sitemaps
12. Masukkan alamat sitemaps anda tadi. Ingat tanpa awalan http://namabloganda.blogspot.com Cukup Direktory terakirnya saja. Saya contohkan. Jika Sitemaps anda berbunyi http://sawasanganam.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated maka yang anda masukkan kedalam kolom penambahan sitemaps hanya: feeds/posts/default?orderby=updated saja.
13. Terakir, klik add sitemaps dan bersabarlah +/- 20 menit.
14. Setelah +/- 20 menit, cobalah reload halaman laporan sitemaps anda.

Jika ternyata hasil pendeteksian goole masih juga sitemaps anda error, klik Detail pada lajur sitemaps anda yang error tadi. Maka akan muncul serentetan Warning dan petunjuk dari google. Periksalah baik baik, pesan itu. Kalo perlu catat. Nah dari pesan tersebut anda dapat mencari bantuan penyelesaianya melalui Forum help-nya google (tapi sayangnya panduan bantuan ini hanya tersedia dalam bahasa inggris).
Oke next time Saya coba bahas tentang pesan error sitemaps dan solusinya.

Jika menurut anda tulisan ini bermanfaat dan anda berniat mempublikasikan ulang (Untuk tujuan Non Komersi) Silahkan cantumkan autority penulis Autor:Sawasanganam.blogspot.com
Bagaimana menurut Anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda.

Terkait

Description: Sitemaps error Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Sitemaps error
Al
Mbah Qopet Updated at: 02.11

0 komentar:

Poskan Komentar