Senin, 31 Agustus 2009

Snow Leopard VS Windows 7

foto berita artikel

Hadirnya system Snow Leopard bukan berarti untuk mengancam dominasi desktop Microsoft Windows 7. Berikut perbedaan utama Snow Leopard dan Windows 7 :

Hardware
Windows 7 akan dijalankan di hardware PC. Dengan adanya processor yang cepat dan RAM lebih besar maka akan mampu menambah performance system, namun Windows 7 hanya meminta spesifikasi minimum CPU 1GHz dan RAM 1GB. Di sisi lain, Snow Leopard hanya akan bekerja di system Mac berbasis Intel, dengan spesifikasi minimum memory 1GB dan free space harddisk 5GB. Hal itu berarti Snow Leopard tidak bekerja di semua system yang biasa digunakan user, namun oleh pengguna Mac OS X.

System baru dan lama
Snow Leopard bukanlah sebuah system operasi yang baru. Snow Leopard hanyalah sebuah update performance dengan beberapa fitur tambahan. Sementara dari Microsoft, pihaknya menambah Windows 7 dalam seri Service Pack dan gratis. Windows 7 merupakan system operasi baru, hanya memiliki user interface yang sama. Mungkin dapat dibedakan dengan penampilan Windows Vista dan Windows 7 Beta. Snow Leopard memiliki tambahan fitur, namun ada perkecualian untuk support Microsoft Exchange. Sedangkan untuk Windows 7 tampaknya support untuk Mac OS X seperti pada Windows Vista.

Interface
Baik Windows 7 ataupun Snow Leopard memiliki improvisasi dari masing-masing vendor. Namun, tidak diragukan bahwa Windows 7 memiliki interface yang cantik untuk ukuran Windows, namun Apple memiliki penampilan baru, terutama Windows Taskbar. Snow Leopard hadir dengan perubahan interface Welcome Screen, termasuk menu Services, interface Quick Time, Safari terbaru, yang membawa style iTunes untuk situs favorit dan browser history. Sementara di Windows 7 ada icon thumbnail Taskbar dan user akan mendapatkan preview pop-up style OS X yang memudahkan user untuk mendengarkan MP3 tanpa membuka Windows Media Player.

Performance
Windows 7 lebih cepat daripada Vista untuk proses booting, sleep and wake, shutdown, dan copy file. Sementara Snow Leopard membuat program yang memaksimalkan processor grafis untuk mendorong performance tenaga kuda, walaupun di Snow Leopard juga membutuhkan graphics kit OpenCL dan Grand Central Dispatch untuk mendukungnya, seperti jika di Windows 7 terdapat graphics kit DirectX 11.

Fitur touchWindows 7 memiliki Windows Touch, yang support dengan input style iPhone multi-touch. Sedangkan Mac OS X Snow Leopard support trackpad via laptop.

Keunggulan dan Kelemahan lainnya
Apple mengalahkan Microsoft dalam beberapa hal. Snow Leopard lebih murah dengan harga £25, dan Windows 7 Home Premium sebesar £64.98 di Amazon. Instalasi Windows 7 sama seperti di Windows XP, yang membutuhkan instalasi yang bersih, dan upgrade 32 bit Vista ke Windows 7 64 bit. Sedangkan untuk Snow Leopard dapat diaplikasikan di upgrade versi apa saja.

Terkait

Description: Snow Leopard VS Windows 7 Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Snow Leopard VS Windows 7
Al
Mbah Qopet Updated at: 04.39

2 komentar:

  1. membanding2kan sistem operasi memang membingungkan juga,,,,ada yang bagus tentu ada juga yang terus lebih bagus...( saya mencoba menginstal dvd snow leopard original seharga 29$ dengan menggunakan patch chameleon bootloader) di netbook dengan procesor intel atom 1,6Ghz dan berhasil 100% ...menakjubkan sekali...bootingnya lebih cepat dibandingkan dengan windows 7...tampilannya pun tidak kalah menarik dengan windows 7.

    BalasHapus
  2. lebih baik snow leopard lebih seru dan aman
    pendahulunya (leopard) pun lebih baik
    saya gusur win 7 dari harddisk dan install leopard
    karena terjangan virus
    ternyata leopard lebih baik

    BalasHapus