Rabu, 20 Mei 2009

Dell Latitude 2100, Netbook Kid-Friendly untuk Pendidikan

foto berita artikel

Setelah OLPC (One Laptop Per Child) dengan laptop XO-nya, kini Dell mulai melirik untuk membawa netbook ke dunia pendidikan. Dell telah merilis netbook model 2100 yang kid-friendly, dengan system yang cocok untuk anak taman kanak-kanak (TK) hingga kelas delapan di bangku sekolah dasar. Netbook Dell Latitude 2100 ini dibangun dengan desain plastic dan casing terbuat dari karet, dibalut dengan variasi warna yang menarik bagi si anak.

Oleh karena netbook Dell Latitude 2100 ini dikhususkan untuk pendidikan, maka netbook portable ini didesain untuk tahan banting, mengingat penggunanya masih anak-anak. Di bagian desain atasnya terdapat lampu penanda, yang digunakan sebagai indicator aktivitas jaringan. Penanda tersebut sangat ideal digunakan untuk peringatan ketika murid TK atau SD yang sedang berada di kelas, mencoba online dengan Internet. Namun, cahaya lampu tersebut tidak akan bersinar merah sampai anak-anak mengakses Internet ketika mereka berada di kelas. Dell masih memikirkan ide untuk warna lampu dan pola flash untuk mengindikasikan apa yang sedang dilakukan anak-anak, namun untuk saat ini masih berupa lampu biasa.

Lampu penanda dalam netbook Dell Latitude 2100 tersebut merupakan transistor simple, dengan display touchscreen yang beresolusi 1024 by 576 piksel. Bahkan, jika anak-anak berulah mengotori display, maka guru atau orang tua dapat membersihkannya dengan mudah. Netbook Dell Latitude 2100 ini dibuat Dell dengan dilengkapi pilihan keyboard anti-microbia yang membantu mencegah penyebaran kuman dari tangan anak-anak.

Netbook model Dell Latitude 2100 ini dilengkapi dengan processor Intel Atom N270 1.6-GHz, RAM 512MB, satu SSD (Solid State Drive) 16GB. Netbook Dell Latitude 2100 ini juga dapat berjalan di Windows Vista Home Basic, Windows XP, atau system Linux Ubuntu. Selain itu, masih ada webcam, koneksi Wi-Fi 802.11n dan akses Bluetooth yang ada di netbook Dell Latitude 2100 ini, walaupun tidak dilengkapi dengan optical drive. Bobot netbook Dell Latitude 2100 ini berkisar 2.9 pound, dengan dimensi 10.4 x 7.3 x 5.7 inch. Dell menjual netbook Dell Latitude 2100 ini mulai dengan harga $369, dengan susunan 3 cell baterai.

Terkait

Description: Dell Latitude 2100, Netbook Kid-Friendly untuk Pendidikan Rating: 4.5 Reviewer: Anonim ItemReviewed: Dell Latitude 2100, Netbook Kid-Friendly untuk Pendidikan
Al
Mbah Qopet Updated at: 03.25

3 komentar:

  1. Lalu apa kelemahannya?

    BalasHapus
  2. secara keseluruhan dah bagus kok......

    BalasHapus
  3. terima kasih. Namun baru kemungkinan masuk Bulan Agustus ya? itupun belum pasti. Mohon infonya jika sudah masuk, saya bisa beli dimana, yang aman dan terpercaya? Thanks.

    BalasHapus