Kamis, 14 Mei 2009

Google pun tahu jika anda sakit

foto berita artikel Raksasa mesin pencarian Google rupanya tidak pernah berpuas hati untuk mengembangkan teknologi pencariannya. Setelah merajai pencarian data konvensional di dunia maya, hingga pencarian data peta, lansdcape maupun antariksa, hingga mesin diagnosa kesehatan, kini Google sedang menjajaki sebuah modus data data baru.

Modus data baru yang kini sedang dikembangkan Google tersebut sepintas nampak sangat sederhana. Misalnya jika Anda memasukkan keyword 'ear infection', maka pada waktu Google menampilkan hasil pencariannya di halaman search result, pada bagian bawah halaman pencarian dapat Anda temukan sebuah pertanyaan sebagai berikut, "Did you search because you or someone you know may have an ear infection?". Atau dalam bahasa Indonesia berarti, Apakah Anda melakukan pencarian karena Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita infeksi telinga?"". Secara singkat, Google menampilkan 2 opsi jawaban untuk dipilih, yaitu 'Ya/Yes' atau "Tidak/No". Menurut pihak Google, hal ini mereka lakukan untuk mengetahui sejauh mana mesin pencarian Internet berperan dalam proses diagnosa pribadi pasien pada umumnya.

Untuk saat ini, salah satu wujud dari project ini adalah proses tracking yang dilakukan Google terhadap flu, melalui Google Flu Trends. Menurut Google, tingkat pencarian user terhadap informasi flu terus meningkat selama 2 minggu terakhir, sebelum kenaikkan serupa dilaporkan ke Centers for Disease Control oleh para dokter.

Mengenai pengumpulan data relevansi pencarian info kesehatan dengan user ini sendiri, hingga saat ini Google mengakui belum yakin tentang peruntukkan penggunaannya di masa depan. Namun begitu, Google tetap meyakini bahwa data-data tersebut tetap akan berguna bagi pengembangan mesin pencariannya hingga dapat menawarkan lebih banyak pilihan sesuai dengan kehendak user.

Untuk sementara ini, Google berencana untuk mengumpulkan data-data tersebut selama beberapa minggu, terhitung dari hari Rabu kemarin. (dna)

Terkait

Description: Google pun tahu jika anda sakit Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Google pun tahu jika anda sakit
Al
Mbah Qopet Updated at: 06.07

0 komentar:

Poskan Komentar