Kamis, 14 Mei 2009

Hacker serang 20 juta pengguna face book

Hacker telah me-launching serangan untuk 200 juta pengguna Facebook, Kamis (14/5), dan hacker telah sukses mengumpulkan password dari jutaan user tersebut dalam rangka mencari mangsa member situs jejaring social tersebut. Juru bicara Facebook, Barry Schnitt, Kamis (14/5) mengungkapkan bahwa pihaknya sedang membersihkan kerusakan serangan tersebut. Schnitt menambahkan bahwa Facebook kini telah memblokir account yang sudah terkena serangan hacker ini. Namun, Schnitt menolak mengatakan berapa banyak account yang telah terinfeksi.

Hacker mendapatkan password melalui apa yang dinamakan serangan phishing, menjebol beberapa account member Facebook, kemudian mengirim email ke teman pengguna Facebook, dan membujuk user untuk mengklik link ke website palsu Facebook. Situs palsu Facebook tersebut didesain tampak sama seperti homepage Facebook. Member yang jadi korban akan didorong untuk login kembali ke situs tersebut, namun sebenarnya login ke website yang dikontrol oleh hacker, sambil menunggu password mereka. Pada dasarnya, menurut Schnitt, serangan hacker tersebut lebih kepada pencurian dan penyebaran spam.

Domain palsu Facebook adalah www.151.im, www.121.im, dan www.123.im. Namun, kini Facebook telah menghapus semua referensi ke domain-domain tersebut. Schnitt mengatakan bahwa tim Facebook mereka percaya bahwa hacker berusaha untuk mengumpulkan sejumlah besar hal rahasia user, termasuk password, kemudian menggunakan account mereka di lain waktu untuk mengirim spam berupa promosi obat kimia dan barang-barang lain ke member Facebook.

Terkait

Description: Hacker serang 20 juta pengguna face book Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Hacker serang 20 juta pengguna face book
Al
Mbah Qopet Updated at: 20.50

0 komentar:

Poskan Komentar