Kamis, 14 Mei 2009

Monetizing blog


Artikel ini merupakan bagian dari artikel berseri, Tips Monetisasi Blog yang, insyaallah, akan hadir secara bersambung di blog ini mulai hari ini. Seri artikel ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang benar dan terbukti tentang bagaimana sebenarnya cara menghasilkan uang melalui blog (berbahasa Inggris) dengan memanfaatkan dua program monetisasi blog, yaitu Google Adsense dan Amazon Associates.

Bagian pertama seri ini akan membahas tips-tips monetisasi blog dengan memanfaatkan blog review produk.


Jika Anda tidak ingin terlewatkan artikel-artikel dalam seri ini, saya sangat merekomendasikan Anda untuk berlangganan Blogguebo secara gratis melalui email.

(1) Blog Review Produk

Menghasilkan uang melalui blog bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu cara yang telah terbukti adalah dengan membuat blog yang berisi review produk. Maksudnya? Sebagai contoh, jika Anda kebetulan adalah penyuka segala hal tentang gadget, kenapa tidak membuat blog yang berisi tentang review produk-produk gadget? Atau jika Anda melihat bahwa pasar konsumen produk laptop sangat baik, kenapa tidak membuat blog yang berisi tentang review produk-produk notebook?

Dengan membuat blog review produk, Anda bisa mendapatkan setidaknya tiga keuntungan sekaligus. Pertama, materi produk yang bisa Anda review dan tulis di blog Anda akan selalu berkembang sehingga Anda tidak akan kehabisan ide review. Kedua, Anda bisa memanfaatkan program monetisasi blog berbasis produk, semacam Amazon Associates, yang bisa Anda sesuaikan dengan produk pilihan Anda sendiri. Ketiga, Anda bisa memanfaatkan blog review produk Anda sebagai ladang paid review untuk produk-produk yang sekategori dengan produk yang Anda review di blog Anda.

Lalu bagaimana langkah-langkah konkrit dari awal hingga akhir untuk menghasilkan uang melalui blog dengan membuat blog review produk ini?

Berikut adalah langkah-langkah teruji untuk menghasilkan uang melalui blog dengan membuat blog review produk dan memanfaatkan dua program monetisasi yaitu Google Adsense dan Amazon Associates.

Langkah-Langkah Monetisasi Blog Dengan Blog Review Produk

1. Membuat Blog
Langkah pertama tentu saja adalah membuat blog. Jika memang Anda benar-benar baru memulai dan nyaris tanpa modal (kecuali semangat menyala-nyala), tidak ada salahnya untuk memanfaatkan platform-platform blog gratis seperti Blogger. Selain sebagai media belajar, Blogger memiliki pilihan fitur jika Anda ingin mengutak-atik blog Anda agar bisa menghasilkan uang. Jika Anda merasa sudah cukup belajar, Anda bisa menggunakan custom domain untuk blog Anda sehingga blog Anda memiliki nama domain sendiri. Namun jika Anda sudah cukup akrab dengan beragam platform blog dan siap dengan modal yang cukup, menggunakan WordPress tentu adalah sebuah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa mempermudah banyak pekerjaan dengan plugin-plugin yang disediakan oleh berbagai komunitas pendukung WordPress.

2. Mendaftar Google Adsense dan Amazon Associates
Langkah kedua setelah Anda membuat blog adalah mendaftar ke dua buah program monetisasi blog yang saya rekomendasikan, yakni Google Adsense dan Amazon Associates. Untuk mendaftar, silahkan klik artikel Panduan Mendaftar Google Adsense dan Panduan Mendaftar Amazon Associates. Selain kedua program ini, tentu saja terdapat program-program lain yang bisa Anda ikuti dan manfaatkan. Namun sebagai langkah awal, saya sangat merekomendasikan agar Anda menggunakan HANYA dua program ini terlebih dahulu sebagai sarana monetisasi blog Anda.

3. Menulis Review Produk
Langkah ketiga adalah mulai menulis review produk. Tidak mampu menulis dalam bahasa Inggris dengan baik? Jangan putus asa. Jika ada kemauan, pasti ada jalan kok. Caranya? Anda tidak perlu menulis sendiri review produk Anda. Anda bisa me-rewrite atau menulis ulang review-review yang sudah ada. Tidak perlu panjang-panjang juga. Cukup satu atau dua paragraf. Menulis ulang berbeda dengan menjiplak atau meng-copy paste tulisan orang lain. Jadi usahakan agar review Anda berbeda dengan review dari sumber lain yang Anda rujuk. Meskipun demikian, saya tidak menyarankan Anda untuk menggunakan auto-translator. Pasalnya, hasil terjemahan auto-translator seringkali tidak bisa dibaca dengan benar. Sambil belajar, akan jauh lebih baik jika Anda berusaha menulis sendiri review Anda, meskipun mungkin masih dipenuhi kesalahan disana-sini. Salah satu trik untuk menghasilkan uang melalui blog dengan review produk adalah dengan menulis review tentang produk-produk yang sedang laris di pasaran. Di dalam review yang Anda tulis, jangan lupa berikan link produk ke program affiliasi yang Anda ikuti (dalam hal ini Amazon Associates). Usahakan agar link tersebut berada di dalam kalimat-kalimat awal review produk yang Anda tulis. Cara lain adalah dengan membuat review tentang produk-produk yang akan segera diluncurkan. Karena belum ada produk yang dipasarkan, sebagai alternatif Anda bisa mencantumkan link produk sejenis atau se-merk dari program affiliasi yang Anda ikuti (dalam hal ini Amazon Associates). Terakhir, Anda bisa memberikan informasi tentang perbandingan spesifikasi ataupun harga produk-produk yang Anda pilih. Untuk cara ketiga ini, Anda bisa memanfaatkan widget perbandingan produk atau produk terlaris dari program affiliasi Amazon Associates.

4. Melakukan Optimasi SEO dan SMO
Langkah keempat adalah melakukan optimasi, baik search engine optimization dan social media optimization. Meskipun artikel review produk yang Anda tulis sangat bagus, dengan keywords yang tepat dan banyak dicari orang, namun Anda tetap perlu melakukan SEO dan SMO. Untuk melakukan SEO bagi blog Anda, silahkan membaca artikel "SEO Untuk Blog Anda." Untuk melakukan SMO bagi blog Anda, silahkan membaca artikel ini. Dengan melakukan kedua teknik optimasi ini, insyaallah, ranking hasil pencarian di mesin pencari untuk blog Anda akan lebih optimal.

5. Menjaga Ritme Blog
Langkah kelima adalah menjaga ritme blog. Sebenarnya ini adalah langkah yang paling berat. Banyak blogger yang gagal melalui langkah ini. Biasanya, banyak blogger (terutama blogger pemula) yang begitu menggebu-gebu ingin segera menghasilkan uang melalui blog, dan berhenti menulis dan meng-update blognya ketika ternyata uang yang diimpi-impikan tak jua kunjung datang. Hemat saya, tiga bulan pertama adalah masa-masa kritis yang akan menguji ketahanan seorang blogger yang ingin menghasilkan uang melalui blog. Dalam tiga bulan pertama, idealnya Anda harus menulis dan meng-update review produk setiap hari. Atau setidaknya dua hari sekali. Setelah lewat masa tiga bulan, frekuensi posting mungkin berangsur-angsur bisa mulai dikurangi. Namun yang perlu dicatat, keajegan dalam memposting tulisan baru secara rutin sangat penting jika Anda ingin menghasilkan uang melalui blog.

6. Mengevaluasi dan Menuai Hasil
Langkah keenam adalah mengevaluasi dan menuai hasil. Setelah melakukan kelima langkah diatas, langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengevaluasi blog Anda, baik dalam hal optimasi penempatan iklan Adsense, jumlah pengunjung, banyaknya page views, persentase konversi klik iklan dan tentu saja jumlah komisi yang Anda dapatkan dari Google Adsense dan Amazon Associates. Jika ada yang salah, segera bertindak untuk membenahi blog Anda. Dan jika semuanya sudah berjalan sesuai rencana Anda, bersiap-siaplah menerima cek atau komisi pertama dari Google Adsense dan Amazon Associates.

Semudah itu? Di atas kertas, iya, memang semudah itu. Namun dalam praktiknya, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan kerja keras, ulet, ngotot, sabar dan persistensi untuk menghasilkan uang melalui blog. Namun jika Anda berhasil melakukannya, pasti ada kepuasan batin tersendiri ketika Anda benar-benar membuktikan bahwa blog Anda bisa menghasilkan uang dollar.

Selamat mencoba. Semoga sukses!

Seri berikutnya akan membahas tips-tips monetisasi blog dengan memanfaatkan blog game download dalam artikel Tips Monetisasi Blog: (2) Blog Download Game.

Tunggu ya. :)

Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari Amazon Associates)

Terkait

Description: Monetizing blog Rating: 4.5 Reviewer: Anonim ItemReviewed: Monetizing blog
Al
Mbah Qopet Updated at: 06.30

2 komentar: